Cara install pygame di windows dengan mudah

BelajarPython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk mengajak kalian untuk menginstall sebuah modul dari salah satu bahasa pemrograman.. Ya tentu saja python ya.. Nah modul yang akan saya install kali ini bisa kalian tebak ya.. Iya kan sudah ada di judul.. Hehe ya betul sekali modul yang akan saya coba untuk install kali ini adalah pygame. Yaitu sebuah modul untuk membuat game. Sesuai nama nya ya... Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pygame ini, KALIAN BISA KLIK DISINI ya temen - temen....

Nah setelah kalian membaca apa yang di maksud dengan pygame ini, selanjutnya saya akan mencoba untuk masuk ke materi utama yang akan saya bahas pada postingan kali ini. Ya tentu saja untuk menginstall pygame nya... Nah pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk memberikan cara untuk menginstall pygame Windows dan linux ya..

Oke, langsung saja yuk kita simak sama - sama postingan postingan saya yang satu ini... Let’s check it out temen - temen...

Cara install pygame di Windows dengan python 3.2.

Nah pada segment yang pertama ini saya akan mencoba untuk memberikan tutorial dari instalasi di sistem operasi windows. Jadi perhatikan baik - baik ya bagi kalian yang memiliki sistem operasi windows. Hehe.. Dan bagi kalian yang memiliki OS linux, kalian bisa MEMBACANYA DISINI...
Nah langsung saja yuk kita simak sama - sama pembahasan mengenai caranya di bawah ini ya.. Let’s check it out temen - temen...

Langkah 1 :  cek versi python.

Saya anggap kalian sudah install python nya ya.. jika kalian belum install python nya ya… kalian bisa baca tutorial instalasi python nya DISINI YA temen - temen…. Oke kita balik lagi ke pembahasan utama kita di postingan kali ini ya…
Nah langkah yang pertama ini, kalian harus mengetahui terlebih dahulu versi python yang terinstall di PC kalian dulu ya…. Bisa dengan cara membuka IDLE python nya seperti pada gambar no 1 di bawah ini. Atau bisa juga di C:/pythonxx/python.exe seperti pada gambar no 2 di bawah ini. Maka akan muncul seperti pada gambar no 3.

Langkah 2 : Download file instalasi pygame nya.

Setelah mengecek versi python nya, kalian harus pergi ke situs resminya dulu ya temen - temen.. Yang tentu saja untuk mendownload file instalasi pygame nya.. Situs resminya adalah --> https://pygame.org/downloads. Silahkan download sesuai versi python kalian ya.. Tentu saja pilih file instalasi dengan format “msi” agar mudah untuk di install nantinya...  silahkan pilih yang sesuai dengan versi python kalian sendiri ya temen – temen…
Namun sayang sekali ya.. Pygame versi tertinggi yang tersedia dengan format “msi” hanya pada python 3.2 saja jika kalian memiliki versi yang lebih tinggi, kalian harus downgrade terlebih dahulu yaa...  namun jika kalian tidak mau mengganti versi python kalian, kalian bisa juga menginstall nya kok.. DAN TUTORIALNYA ADA DISINI… silahkan di baca ya…



Langkah 3 : proses instalasi.


Setelah kalian mendapatkan file nya, sekarang kita install seperti pada umumnya yaa.. Yaitu dengan cara :
  1. klik 2 kali pada file nya... atau bisa kita katakan menjalankan file nya...
  2. Kemudian lanjutkan ya.. klik “Run anyway”. Maka akan tampil window instalasi pada umumnya.. Seperti di bawah ini...

  3. Nah klik next saja ya sampai kalian menemukan tampilan seperti di bawah ini yaa..

  4. Nah silahkan ganti pilihan instalasinya menjadi “specified hard disk” seperti di bawah ini.. Lalu pada bagian folder yang ada di pojok kiri bawah, kalian isi dengan lokasi instalasi file python kalian seperti yang ada pada gambar di atas ya temen - temen...

  5. Nah setelah itu klik next dan tunggu hingga proses instalasinya selesai yaa... Hingga pygame nya siap untuk kalian gunakan...


Langkah 4 : proses finishing dan testing.

Nah setelah selesai, silahkan kalian cek apakah instalasinya berhasil atau tidak... Cara cek nya kalian bisa buka IDLE pada umumnya ya... Kalian bisa mecarinya di pencarian file seperti yang ada di bawah ini....



Atau juga bisa menggunakan shell python nya... Yang biasanya berada di C:/python32/python
Silahkan buka ya.. Lalu coba ketikkan code untuk mengimport pygame nya seperti di bawah ini..
Import pygame



Nah jika kalian tidak mendapatkan error, maka pygame sukses kalian install pada pc windows kalian.. Nah jika ada pesan error, artinya pygame tidak berhasil di install :(




Nah itu dia temen - temen postingan saya kali ini mengenai cara untuk install modul pygame ini.. Semoga proses instalasi nya berjalan sukses ya temen - temen.. Biar nanti belajarnya kalin juga gampang.. Hehe.. Oke selamat mencoba ya... dan apabila ada masalah silahkan komentar saja di bawah postingan ini ya.. Apabila saya bisa menjawab, insyaallah saya akan menjawabnya secepat yang saya bisa.. Hehe

oke terimakasih sudah berkunjung ke blog saya ini.. Dan mohon maaf ya atas kurang lebihnya maupun kekeliruan yang ada di blog ini. Dan lebih tepatnya postingan saya kali ini. Oke jangan lupa baca postngan saya yang lainnya ya temen - temen...  terimakasih sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya ya.. Sekali lagi terimakasih dan terimkasih.... Sekian dulu ya temen - temen...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment