Perbedaan python 2 dan python 3

Belajarpython - assalamuaaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada postingan kali ini saya kan mencoba untuk membahas tentang bahasa pemrograman python nih..  Tentu kalian sudah tau ya.. Versi python ini yang populer saat ini adalah python versi 3.5.x dan versi 2.7.x . Tanda “x” ini merupakan angka sub versi yang mungkin akan cepet berubah seiring updatan dari pihak pengembangnya.. Namun orang - orang biasa menyingkat versinya menjadi python versi 2 dan python versi 3. Hal tersebut akan memudahkan kita untuk menyebutnya.

Seperti yang sudah saya katakan tadi, python versi 2 dan versi 3 ini tidak lah jauh berbeda.. Naamun, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk memberikan sedikit perbedaan - perdeaan yang pernah saya temukan dan pernah saya ketahui sebelumnya.. Nah seperti apakah perbedaannya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama pembahasannya di postingan kali ini.. Let’s find it temen - temen...

Perbedaan 1 : Syntax untuk mencetak teks atau yang lainnya.

Nah perbedaan yang pertama saya akan membahas mengenai syntax yang paling dasar dan sering digunakan saat pertama kali kita dikenalkan terhadap sebuah bahasa pemrograman.. Yuk kita lihat perbedaannya di bawah ini...

Python 2

print “tidak pakek kurung bisa”
print(“pakek kurung juga bisa”)
Print “ini”, ; print “mencetak satu baris”


Hasilnya akan seperti ini :



Python 3

print(“harus pakek kurung”)
print (“ini digunakan untuk “, end=””)
print (“mencetak satu baris”)


Maka hasil nya akan seperti ini :


Print "python 3 print tanpa kurng"


Maka hasilnya akan seperti berikut ini :



Nah dari perbandingan syntax print di atas bisa kita lihat perbedaannya ya... Di python versi 2 kita bisa memakai tanda kurung atau tidak.. Namun, di python 3 kita wajib menggunakan tanda kurung. Jika tidak, maka kita akan mendapatkan hasil eror. Dan yang kedua, untuk men cetak 2 buah teks dalam satu baris. Bisa kita lihat sendiri ya perbedaannya di atas... Hehe

Perbedaan 2 : Syntax untuk meminta inputan.

Nah pada perbedaan yang kedua ini, saya akan mencoba untuk memberikan atau menunjukan sebuah perbedaan yang terjadi pada syntax untuk mendapatkan inputan dari user. Nah seperti apakah perbedaannya ? Yuk langsung saja lihat di bawa ini...

Python 2

nama = raw_input(‘masukkan nama anda : ‘)
print nama


Maka hasilnya :




Python 3

Nama = input(“masukkan nama anda : “)
print (nama)


Maka hasilnya :



Nah sekarang coba kita balik...

Python 3

nama = raw_input(‘masukkan nama anda : ‘)
print (nama)


Maka hasilnya :




Python 2

Nama = input(“masukkan nama anda : “)
print (nama)


Maka hasilnya :




Nah dari pembuktian diatas, dapat kita simpulkan jika kita ingin mementa sebuah inputan pada python 2, kita harus menggunakan “raw_input(‘teks’)”. Dan untuk python versi 3, kita cuma perlu syntax “input(‘teks’)” saja.. Nah sudah jelas kan temen - temen ? Saya anggap sudah jelas ya.. Hehe


Perbedaan 3 : hasil dari operator pembagian.

Nah yang ketiga ini tidak akan membahas mengenai masalah syntax. Tapi, saya akan mencoba untuk membahas mengenai hasil dari sebuah pembagian.. Nah seperti apakah perbedaan hasil diantara keduanya ini ? Yuk langsung saja kita simak - sama perbedaannya di bawah ini...

Python 2

print "3 / 2 = " , 3/2
print "3 // 2 = " , 3//2
print "3 / 2.0 = " , 3/2.0
print "3 // 2.0 = " , 3//2.0


Hasil yang akan di peroleh :




Python 3

print ("3 / 2 = " , 3/2)
print ("3 // 2 = " , 3//2)
print ("3 / 2.0 = " , 3/2.0)
print ("3 // 2.0 = " , 3//2.0)


Hasil yang akan di peroleh :




Nah dari contoh diatas sudah taukan perbedaannya ? Saya tidak akan menjelaskannya lagi ya.. Kalian bisa langsung menganalisa nya sendiri pada contoh diatas...

Nah itu dia temen - temen... 3 perbedaan yang bisa saya sampaikan... Oke sekian dulu ya temen - temen.. Semoga apa yang sudah saya tulis di atas bisa menambah ilmu pengetahuan kalian ya... hehe.. Oya terimakasih sudah membaca postingan saya kali ini... Jangan lupa untuk di share ke temen - temen kalian ya... Dan jangan lupa untuk berkomentar di bawah postingan saya kali ini.... Biar postingan saya tidak krik krik.. Hehe

Oya mohon maaf ya atas kekurangan serta kelebihan yang ada pada postingan saya kali ini... Dan mohon maklum juga.. Karana saya masih belajar.. Oke sekian dulu ya.. Terimakasih...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment