penjelasan variabel dalam bahasa pemrograman

Belajarpython - assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas hal yang tidak jauh dari bahasa pemrograman... Lebih tepatnya adalah bahasa pemrograman python. Postingan saya kali ini termasuuk jajaran postingan dasar bagi para pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman python. Sehingga dengan penjelasan yang lebih mendasar, saya harap kalian bisa lebih memahami bahasa pemrograman python ini.

Nah lalu apa seh yang akan saya bahasa kali ini ? Jadi, seperti yang sudah saya katakan tadi, postingan kali ini merupakan postingan dasar pembelajaran python.. Dan yang akan saya bahas kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai apa itu yang dimaksud VARIABEL di dalam sebuah bahasa pemrograman. Terutama bahasa pemrograman python ini. Nah seperti apakah pembahasan saya kali ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama di bawah ini... Let’s check it out temen - temen ..

Apa yang di maksud dengan Variabel ?

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya variabel ini.. Namun, jika saya tanya mengenai apa yang dimaksud dengan variabel ini, apakah kalian bisa menjawab ? Ya mungkin sebagian sudah bisa menjawabnya ya.. Dan mungkin juga semuanya.. Tapi, bagi kalian yang belum tau tentang apa itu variabel, bisa di simak secara sek sama di bawah ini..

Jadi, variabel bisa kita artikan sebagai sebuah huruf atau kata yang akan menampung setiap nilai angka, teks, objek, class dan yang lainnya dengan tujuan untuk mempermudah proses penulisan sebuah program. Sebuah variabel bisa menggunakan satu huruf saja atau pun sebuah kata. Dan untuk menulis variabel, kita di larang untuk memberikan spasi. Jadi harus satu kata.

Tapi kalaupun memang mau ada dua kata atau lebih, kalian bisa mengakalinya dengan cara seperti berikut. “variabelPertama” dan “variabel_kedua”. Nah udah tau kan caranya ? ya.. yaitu dengan cara di gabung, namun huruf pertama pada kata kedua harus besar. Dan yang kedua, spasi nya di ganti dengan tanda “_”. Sebenarnya, kalian boleh melanggar aturan tersebut. Namun, alangkah lebih baiknya untuk melakukannya. Karena itu merupakan standarisasi penulisan sebuah variabel atau metode.

Simulasi variabel dalam dunia nyata.

Didalam dunia nyata, kita dapat meng analaogikannya dengan sebuah gelas atau ember. dimana kita tau, sebuah ember bisa kita isi dengan berbagai macam barang atau benda. Seperti air, tanah, pasir, batu kecil dan sebagainya. nah, ember disini bertindak sebagai sebuah variabel. dan air, tanah, batu keci serta basir bertindak sebagai isi di dalam variabelnya.



Jadi sekarang semakin jelas jika variabel disini fungsinya sebagai penampung sebuah nilai atau pun objek. Dan dalam sebuah variabel kita bisa menambahkan nilainya atau isinya asal kan tipe nya sejenis. Misalnya, batu dengan batu, air dengan air dan sebagainya. dan dalam pemrograman python, kita bisa menambahkan apabila nilainya berbentuk angka atau teks.

Contoh variabel dalam program python.

Nah setelah kita mengetahui apa yang di maksud dengan variabel dan juga sudah mengetahui simulasinya, maka sekarang saya akan mencoba untuk memberikan sebuah program yang memberikan contoh program penggunaan variabel ini. Nah seperti apakah programnya ? Yuk silahkan disimak saja code programnya di bawah ini...

variabel1 = “ini string atau teks”
variabel2 = 12

print(“nilai atau isi dari variabel1 adalah : “, variabel1)
print(“nilai atau isi dari variabel2 adalah : “, variabel2)


Hasil code program di atas ketika dijalankan adalah sebagai berikut :



Nah sudah jelaskan apa yang itu variabel dan fungsinya tersebut ? Ya jadi fungsinya bisa kita katakan sebagai berikut :
  1. .Menampung sebuah value atau nilai.
  2. .Mempermudah dalam proses programing.
Nah sudah jelaskan ? Ya saya rasa sudah jelas ya temen - temen... Namun apabila ada yang ingin kalian tanyakan, atau ada penjelasan yang kurang jelas, kalian bisa langsung menanyakannya di kolom komentar yang ada di bawah postingan saya ini.. Insyaallah saya akan menjawab secepat mungkin...

Oke sekian dulu ya postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas, dapat membuat kalian bisa paham tentang apa itu variabel dan apa itu fungsinya. Oya jangan lupa share ke temen - temen kalian ya... Biar blog ini bisa rame.. Hal tersebut merupakan support buat saya agar saya tetap aktif menulis..

Oke sekian dulu ya.. Terimaksih sudah mengunjungi blog sederhana saya ini..  Oya mohon maaf ya atas kurang lebihnya penyampaian maupun isi dari blog ini... Semoga ilmu yang di dapatkan bisa menjadi barokah.. Dan jangan lupa baca postingan menarik lainnya.. Terimakasih..

Wassalamualaikum wr. Wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment