mengapa pilih bahasa pemrograman python ?

Belajarpython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen... Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai alasan - alasan saya kenapa saya jatuh hati ke pada bahasa pemrograman yang satu ini.. Yaitu python. Python memang terkenal akan kemudahan serta kecepatannya.. Dan tidak saya saja yang merasakan hal tersebut... Sudah banyak programer yang memilih bahasa ini untuk projeknya...

Nah sedikit berbagi cerita nih... Pada awal saya masuk kuliah, pertama kali saya di kenalkan dengan bahasa pemrograman java. Dengan sintaknya yang cukup rumit untuk saya pelajari.. Nah pada semester berikutnya, yaitu semester 2, saya mulai diperkenalkan dengan yang namanya bahasa python. Dan sejak saat itulah saya mulai merasakan perbedaan yang cukup besar. Karena saya merasakan begitu simple nya bahasa python ini.. Dan sejak saat itu juga, saya mulai menyukai bahasa pemrograman ini...

Nah itu dia cerita singkat mengenai pertemuan saya mengenai pertemuan saya dengan bahasa pemrograman python ini... Nah sekarang, yuk kita lanjut lagi pembahasan potingan saya kali ini.. Jadi pada postingan saya kali ini membahas mengenai kelebihan - kelebihan dari bahasa python yang menjadikan saya memilih python... Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya pada postingan kali ini...

Mengapa saya memilih python ?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, saya memilih python ini karena, bahas python ini merupakan bahasa yang simple dan mudah untuk kita pelajari. Terutama bagi para pemula seperti saya ini. Hehe.. Terutama bila kita bandingkan dengan bahasa pemrograman java. Ya karena saya hanya kenal dengan 2 bahasa pemrograman.. Yaitu java dan python.. Oke.. Berikut saya akan membandingkan keduanya...

Bila kita ingin mengeluarkan atau menge print sebuah teks.. Kita ambil saja yang paling dasar dan biasa kita gunakan untuk saat pertama kali kita belajar... Yaitu “Hello Word”.  Nah berikut saya akan bandingkan dari kedua bahasa pemrograman java dan python bila ingin mengeprint kata “Hello word” tadi...

Python :
print(“Hello World”)
Java :
class coba(){
    Public static void main (String[] args){
        System.out.print(“Hello World”);      
    }
}


Nah gimana ? Dari perbandingan di atas, sudah jelas kan apa yang saya maksud tadi ? Ya di python kita hanya butuh satu baris saja apabila kita hanya ingin mencetak sebuah teks. Di java ? Bisa dihitung sendiri ya...

Selanjutanya, di java kita di wajibkan untuk membuat nama file java, dan nama classnya harus sama... Sedangkan di python tidak.

Nah mungkin itulah beberapa ulasan singkat mengapa saya memilih bahasa python ini.

Fitur - fitur yang ada di dalam bahasa pemrograman Python.

Python juga memiliki beragam fitur yang cukup lengkap... Berikut saya jabar satu persatu di bawah ini ya...
  1. Memiliki library yang cukup luas, dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul siap pakai untuk berbagai keperluan programing kalian nantinya.
  2. Memiliki tata bahasa yang simple dan cukup mudah untuk di pahami.
  3. Memiliki aturan layout source code yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali, dan penulisan ulang source code tersebut
  4. Bersifat OOP (berorientasi objek)
  5. Memiliki sistem pengelolaan memory yang auto, garbage collection, seperti Java.
  6. Bersifat modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru, dimana modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++
  7. Memiliki fasilitas pengumpulan sampah secara auto, seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, Python memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memory komputer sehingga para programmer tidak perlu melakukan pengaturan memory komputer secara langsung.

Kelebihan - kelebihan Bahasa pemrogaman Python.

Setelah kita mengulas mengapa saya memilih python, selanjutnya saya akan mengajak kalian untuk melihat kelebihan - kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman python ini... Yuk langsung saja kita simak di bawah ini...

Kelebihan bahasa pemrograman python :

  1. Bersifat OOP atau objek oriented programing. Yaitu bahasa pemrograman yang berorentasi objek.
  2. Kemampuan management memory secara auto yaitu kumpulan sampah memory sehingga dapat menghindari pencatatan source code
  3. Tidak ada tahapan dalam proses compile.
  4. Terdapat kelas, modul, exception sehingga terdapat dukungan pemrograman skala besar.
  5. Tidak ada deklarasi atau penentuan tipe data sehingga membuat program menjadi lebih ederhana, singkat, dan flexible.
  6. Lintas platform.
  7. Memiliki code program yang singkat
  8. Karena singkat, bahasa ini terkenal cepat dan powerfull
  9. Open source
  10. Dukungan dokumentasi yang sangat lengkap
  11. Cepat, kuat dan handal
  12. Banyak digunakan oleh pembuat aplikasi besar
  13. Banyak komunitas yang menggunakan bahasa ini
  14. Mudah di baca dan di pahami baik bagi pemula maupun pro
Ada kelebihan, adapula kekurangan... Nahs eperti apkah kekurangan dai bahasa pemrograman ini ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama di bawah ini...
  1. Kurang ketat dalam masalah tipe data
  2. Walaupun bersifat OOP tapi tidak seketat Java
Mungkin hanya itu kekurangan yang saya temukan sejauh ini...

Aplikasi - aplikasi besar yang menggunakan bahasa python.

Nah setelah itu, saya akan mencoba untuk memberikan contoh - contoh aplikasi yang memnggunakan bahasa pemrograman ini... Yang sekaligus menjadi bukti betapa cepat dan powerfullnya bahasa ini sehingga dipilih oleh programer - programer pro untuk membua aplikasi nya... Berikut saya kasi contohnya di bawah ini...

berdasarkan situs Code Factory, Python ini telah digunakan oleh perusahaan besar seperti :
  1. Google
  2. Youtube
  3. instagram
  4. Pinterest
  5. Bing
  6. Reddit
  7. DropBox dan lainnya.
Sedangkan untuk bahasa pemograman, menurut situs Code Factory, python juga digunakan oleh :
  1. Facebook
  2. Wikipedia
  3. Baidu
  4. Yahoo
  5. Tumblr
  6. Flickr, dan seterusnya.
Nah gimana temen - temen ? Sudah jelaskan mengapa saya memilih untuk suka dengna bahasa pemrograman python ini ? Tentu ini menurut sepengetahuan saya ya.. Ya mungkin saja salah dan bisa saja benar... jadi saya tidak meng claim bahwa apa yang saya sampaikan pada blog ini sepenuhnya benar. Karena apa yang saya sampaikan pada postingan kali ini, hanya berdasarkan pengetahuan saya yang di dukung dengan sumber - sumber yang cukup bisa di percaya...

Oke sekian dulu ya temen - temen... Semoga postingan saya kali ini bisa memberikan manfaat bagi kalian.. Dan terimakasih sudah berkunjung dan membaca postingan saya kali ini... Jangan lupa share ke temen - temen kalian ya seperti di facebook atau temen sosial media kalian lainnya.. Oya mohon maaf apabila ada kesalahan, kekurangan maupun yang membuat kalian tidak nyama... Mohon maklum ya.. Karena saya masih belajar....

Oke terimakasih sekian dulu ya....

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment