Cara menampilkan kalender di GUI window python menggunakan pyside

Belajarpython - assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membahas masalah python lagi nih.. Lebih tepatnya mengenai masalah GUI nya.. Yaitu sebuah tampilan... Nah untuk membangun GUI dari bahasa python, saya akan menggunakan bantuan dari sebuah library tambahan... Yaitu library PySide, karena PySide ini merupakan llibrary tambahan, maka dari itu kita harus menginstallnya secara terpisah dari bahasa pythonnya.. Nah sudahkah kalian menginstall PySide ?

Nah jika kalian belum menginstall library PySide nya, kalian tidak perlu browsing dan tentu tiidak perlu binung.. Kalian bisa membaca tutorialnya di POSTINGAN SAYA TENTANG TUTORIAL INSTALASI PYSIDE yang sudah saya posting sebelumnya.. Dan pada tutorial tersebut sangan mudah di lakukan... Siapapun bisa melakukannya.. Penasaran ? Langsun klik aja link nya.. Hehe

Nah setelah kalian menginstall library PySide serta python, yuk sekarang kia lanjut lagi untuk membahas postingan saya kali ini... Seperti yang sudah saya katakan diatas, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai masalah GUI dari python dengan menggunakan library dari PySide. Nah lebih spesifiknya, saya akan membahas mengenai masalah penambahan atau penampilan sebuah calender pada window yang akan kita tampilkan nantinya... Dan tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya di bawah ini....

Cara membuat atau menambahkan widget calender pada window GUI python menggunakan Library PySide.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pada postingan ini saya akan membahas mengenai cara untuk membuath sebuah calender pada window GUI python menggunakan library PySide... Nah seperti apakah code program nya panjang untuk memebuat sebuah calender ini ? Yuk kita jawab pertanyaan tersebut dengan melihat langsung code programnya di bawah ini...


from PySide import QtGui, QtCore

class membuatKalender(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(membuatKalender, self).__init__()
        
        self.initUI()
        
    def initUI(self):      

        kalender = QtGui.QCalendarWidget(self)
        kalender.setGridVisible(True)
        kalender.move(20, 20)
        kalender.clicked[QtCore.QDate].connect(self.showDate)
        
        self.label = QtGui.QLabel(self)
        date = kalender.selectedDate()
        self.label.setText(date.toString())
        self.label.move(130, 260)
        
        self.setGeometry(300, 300, 350, 300)
        self.setWindowTitle('kalendar')

        
    def showDate(self, date):     
        self.label.setText(date.toString())


if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    tampilkanKalender = membuatKalender()
    tampilkanKalender.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen - temen contoh programnya.. Cukup pendek apa panjang temen - temen ? Kalian bisa menjawab nya sendiri ya.. Kalau pendapat saya sendiri, code program di atas cukup pendek ya.. Dan tentunya mudah untuk di pahami... Nah setelah melihat code programnya, saya akan mengajak kalian untuk melihat hasil GUI dari code program diatas... Seperti apakah hasilnya ? Sudah penasaran belum ? Yuk tanpa lama - lama lagi langsung kita lihat hasil screenshootnya pada gambar di bawah ini ya...





Nah itu dia temen - temen hasil GUI dari code program diatas... Sebenarnya, kita tidak benar - benar membuat sebuah calender.. Tapi, kita hanya memanggil saja.. Yaitu memanggil nya dari library PySide nya.. Sehingga,  kita tidak perlu repot - repot membuatnya dengan code program yang super banyakk.. Nah gimana ? Sudah jelaskan temen - temen ? Ya saya rasa sudah jelas ya temen - temen...

Penjelasan dari code program untuk menambahkan widget calender pada window GUI python menggunakan Library PySide.

Nah seperti pada postingan saya yang sebelum - sebelumnya yang membahas mengenai masalah pembagian code program, saya akan selalu rutin untuk menjelaskan code program yang saya bagikan.. Hal tersebut akan saya lakukan juga pada postingan saya yang satu ini.. Hehe.. Hal ini saya lakukan untuk membantu setiap orang yang membaca postingan saya kali ini... Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan mengenai code program nya di bawah ini ya...


from PySide import QtGui, QtCore  //code iini digunakan untuk memanggil “QtGui” dan “QtCore” dari library PySide.

class membuatKalender(QtGui.QWidget):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama “membuatKalender” yang akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk membuat sebuah kalender.

    def __init__(self):   //code ini merupakan sebuah metode yang akan dijalankan pertama kali serta akan secara otomati di jalankan ketika class “membuatKalender” ini kita panggil nantinya.
        super(membuatKalender, self).__init__()  //code ini digunakan untuk membuat class “membuatKalender” menjadi sebuah GUI dan parent class.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode dengan nama “initUI” yang berada pada class ini juga.

    def initUI(self):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “initUI” yang akan saya gunakan untuk menampung semua code program untuk menambahkan sebuah kalender pada window python nya.
        kalender = QtGui.QCalendarWidget(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah widget calender dari library PySide.
        kalender.setGridVisible(True)  //code ini digunakan untuk mengatur style dari kalendernya.. Yaitu menjadi sebuah grid layout atau kotak.
        kalender.move(20, 20)  //code ini digunakan untuk memindahkan posisi kalendernya ke lokasi 20x20 pixel pada window kita nantinya.
        kalender.clicked[QtCore.QDate].connect(self.showDate)  //code ini digunakan untuk menghubungkan kalender ini dengan sebuah metode yang bernama “showDate”.

        self.label = QtGui.QLabel(self)  //code ini digunakan untuk membuat sebuah label atau teks.
        date = kalender.selectedDate()   //code ini digunakan untuk membuat teks yang ditampilkan menjadi tanggal yang sedang di pilih.
        self.label.setText(date.toString())  //mengubah tulisannya menjadi sebuah nilai angka dari calendernya menjadi sebuah teks.
        self.label.move(130, 260)  //code ini digunakan untuk memindahkan kalendernya ke lokasi “130x260 pixel pada window yang akan kita tampilkan nantinya.

        self.setGeometry(300, 300, 350, 300)  //code ini digunakan untuk mengatur atau membuat ukuran windownya menjadi sebesar “350x300” pixel. Dan windownya akan ditampilkan pada lokasi layar “300x300” pixel pada layar kita.
        self.setWindowTitle('kalendar')  //code ini digunakan untuk membuat judul window kita menjadi “kalender” tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.


    def showDate(self, date):  //code ini digunakan untuk membuat sebuah metode dengan nama “showDate” yang akan digunakan untuk menampung code program untuk mengubah teks yang kita tampilkan menjadi nilai tanggal  yang sedang kita pilih.
        self.label.setText(date.toString())  //code ini digunakan untukmengubah teks yang kita tampilkan menjadi nilai tanggal  yang sedang kita pilih.


if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil aonttau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    app = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.

    tampilkanKalender = membuatKalender()//code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    tampilkanKalender.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.

    sys.exit(app.exec_()) //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.



Nah itu dia temen – temen penjelasannya… gimana ? sudah cukup jelas kan ? ya saya harap seperti itu ya… silahkan di pahami secara seksama ya… jika ada yang ingin kalian tanyakan, bisa berkomentar di kolom komentar yang ada di bawah postingan ini ya…. Insyaallah saya akan menjawab secepat mungkin dan secepat yang saya bisa... Jadi kalau saya tidak sedang online, mohon menunggu sebentar ya... Sampai saya online baru saya akan menjawab mengenai pertanyaan kalian nantinya...

Nah sekian dulu ya temen - temen pada postingan kali ini.. Semoga apa yang saya bahasa pada postingan saya kali ini dapaat memberikan tambahan ilmu bagi kalian yang membaca postingan saya yang satu ini... Oya jangan lupa share juga ya ketemen - temen sosial media kalian.. Biar temen - temen kalian juga kesini untuk mengunjungi blog saya.. Ya biar lebih rame dan lebih seru hehe.. Maklum blog ini saya kelola secara pribadi... Jadi tidak terlalu maksimal..

Oya teimakasih ya sudah berkujung serta membaca postingan saya kali ini... Dan mohon maaf apabila ada kesalahan serta kekurangan pada blog ini.. Kalian juga bisa menyampaikan kritik dan saran serta keluh kesah kalian pada blog ini pada laman Hubungi kami yang sudah saya sediakan pada blog ini.. Atau lebih mudahnya kalian bisa menggunakan kolom komentar yang ada di bawah postingan saya kal ini... Oke sekian dulu dan terimakasih...

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment