Cara membuat jam digital menggunakan python dan PySide

Belajarpython - assalamualaikum wr. Wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada postingan kali ini saya akan membahas yang tidak jauh - jauh dari python nih.. Ya saya akan membagikan sebuah code program yang berfungsi untuk membangun sebuah tampilan GUI dari bahasa pemrograman python nya.. Dan untuk membangun GUI nya, saya tidak menggunakan library bawaan dari pythonnya yaitu tkinter. Melainkan menggunakan library tambahan yang harus saya install secara terpisan dari bahasa pythonnya. Library tersebut adalah library PySide.

Nah sudahkah kalian menginstall PySide ini ?  Nah jika belum, anda tidak perlu bingung.. Karena saya sudah menyiapkan postingan yang membahas mengenai cara untuk menginstall library yang satu ini.. Nah jika kalian belum menginstall atau sekedar ingin membaca postingan yang saya maksud tadi, kalian BISA KLIK DISINI untuk membacanya. Disana saya sudah memberikan tutorial instalasi python versi 2 dan PySide nya.

Nah setelah kalian install PySide nya, yuk kita lanjut lagi pembahasa postingan yang akan saya bahas kali ini... Jadi, pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk membagikan code program untuk membuat sebuah jam digital dari library pyside. Waw menarik bukan ? Hehe yuk langsung saja tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini... Let’s enjoy guys...

Cara membuat Jam Digital menggunakan python dengan library PySide.

Nah seperti yang sudah saya katakan diatas, pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah jam digital. Nah seperti apa ya code program untuk mewujudkan hal tersebut ? Apakah kalian membayangkan code program yang cukup panjang ? Jika iya, maka saya rasa anda salah.. Karena, untuk membuat jam digital tersebut, kita hanya perlu kurang lebih 35 baris code program saja... Tidak percaya ? Yuk langsung saja kita simak sama - sama code program nya di bawahh ini... Dan silahkan buktikan sendiri...

import sys
from PySide.QtCore import QDateTime, QTimer, SIGNAL
from PySide.QtGui import QApplication, QWidget, QLCDNumber

class jamDigital(QWidget):
    def __init__(self):
        super(jamDigital,self).__init__()
        self.initGUI()

    def initGUI(self):
        self.buatLCD()
        self.setWindowTitle('ini jam digitalku')
        self.show()

    def buatLCD(self):
        self.waktu = QTimer(self)
        self.connect(self.waktu, SIGNAL("timeout()"), self.perbaruiJam)
        self.penampilJam = QLCDNumber(self)
        self.penampilJam.setSegmentStyle(QLCDNumber.Filled)
        self.penampilJam.setDigitCount(8)
        self.penampilJam.resize(500, 150)
        self.perbaruiJam()

        self.waktu.start(1000)

    def perbaruiJam(self):
        currentTime = QDateTime.currentDateTime().toString('hh:mm:ss')
        self.penampilJam.display(currentTime)

if __name__ == '__main__':
    try:
        myApp = QApplication(sys.argv)
        myWindow = jamDigital()
        myApp.exec_()
        sys.exit(0)
    except Exception:
        print(sys.exc_info()[1])


Nah itu dia temen - temen code program nya.. Cukup pendek kan temen - temen ? Ya saya rasa kalian juga sependapat dengan saya... Itu pun masih ada program yang tidak saya singkat.. Jadi sebenarnya, program di atas bisa kita singkat lagi.. Namun, jika banyak yang kita singkat malah akan susah untuk di pahami.. Jadi kurang lebih 35 line aja sudah cukup menurutku... Nah setelah melihat kode programnya, apakah kalian penasaran dengan hasil dari code program diatas ? Jika iya, yuk langsung saja kita lihat hasil GUI dari code programnya.. Kalian bisa lihat hasilnya pada gambar yang ada di bawah ini ya temen - temen,,,



Nah itu dia temen - temen jam digital sederhana yang dihasilkan dari code program di atas.. Oya, perlu kalian ketahui, jam tersebut akan sesuai dengan jam yang ada di komputer kalian.. Jadi jam nya akan mengikuti setiap perubahan pada jam PC kalian.. Nah gimana ? Sudah jelaskan temen - temen... Ya saya harap dan saya rasa juga begitu.. Hehe


Penjelasan dari code program untuk membuat Jam Digital menggunakan python dengan library PySide.

Nah setelah selesai dengan proses pembagian code programnya, makas selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan tadi.. Agar kalian bisa lebih paham lagi... Dan tentu saja saya akan menjelaskannya tiap baris code program.. Sehingga kalian bisa tau fungsi dari setiap baris code program yang sudah saya bagikan di atas tadi.. Yuk tanpa lama - lama lagi langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya di bawah ini...


import sys //code ini digunakan untuk mengimport sys
from PySide.QtCore import QDateTime, QTimer, SIGNAL  //code ini digunakan untuk mengimport “QtCore, QDateTime, QTime dan Signal” dari library PySide.
from PySide.QtGui import QApplication, QWidget, QLCDNumber  //code ini digunakan untuk mengimport “QtAplication, QWidget, dan QLCDNumber” dari library PySide.

class jamDigital(QWidget):  //code ini digunakan untuk  membuat sebuah class dengan nama “jam Digital” dan akan saya gunakan untuk menampung semua code program yang di butuhkan untuk membuat sebuah jam digital.
    def __init__(self):  //code ini merupakan sebuah construktor yang akan di jalankan pertama kali dan akan dijalankan secara otomatis ketika program “jamDigital” ini kita jalankan.
        super(jamDigital,self).__init__()  //code ini digunakan untuk membuat class “jamDigital” ini menjadi sebuah GUI.
        self.initGUI()  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “iniGUI”

    def initGUI(self):  //code ini merupakan sebuah metode dengan nama “initGUI” yang berfungsi untuk menampung elemen pembuat window nya.
        self.buatLCD() //code ini digunakan untuk memanggil metode dengan nama “buatLCD”.
        self.setWindowTitle('ini jam digitalku') //code ini digunakan untuk mengubah judul window kita menjadi “ini jam digitalku”  tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.
        self.show()  //code ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi.

    def buatLCD(self):  //code ini digunakan untuk menampung code program untuk membuat sebuah LCD dan atribut - atribut nya..
        self.waktu = QTimer(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah timer dari library PySide yang kemudian saya tampung ke dalam variabel “waktu”
        self.connect(self.waktu, SIGNAL("timeout()"), self.perbaruiJam)  //code ini digunakanuntuk menghubungkan lcd ini dengan metode yang bernama “perbaruiJam”.
        self.penampilJam = QLCDNumber(self) //code ini digunakan untuk memanggil sebuah LCDNumber dari library PySide yang kemudian saya tampung kedalam variabel PenampilJam.
        self.penampilJam.setSegmentStyle(QLCDNumber.Filled) //code ini digunakan untuk mengubah gaya LCD nya saja.
        self.penampilJam.setDigitCount(8)  //code ini digunakan untuk memberikan 8 digit angkan ke dalam LCD nya.
        self.penampilJam.resize(500, 150)  //code ini digunakan untuk mengubah ukuran lcdnya menjadai “500x150” pixel.
        self.perbaruiJam()   //code ini digunakan untuk memanggil metode dengan nama “perbaruiJam”.

        self.waktu.start(1000) //code ini digunakan untuk memulai timernya.

    def perbaruiJam(self): /code ini digunakan untuk membuat sebua metode yang bernama “perbaruiJam” yang akan digunakan untuk menampung code program yang berfungsi untuk memperbarui nilai di dalam LCD nya.
        currentTime= QDateTime.currentDateTime().toString('hh:mm:ss')  //code ini digunakan untuk memanggil nilai jam yang kemudian di konversi ke bentuk jam.
        self.penampilJam.display(currentTime)//code ini digunakan untuk memperbarui nilai di dalam LCD nya.

if __name__ == '__main__':  //code ini digunakan untuk mengecek apakah program ini dipanggil atau tidak.
    try:  //untuk mencoba apakah programnya tidak error.
        myApp = QApplication(sys.argv) //code wajib dan harus ada.
        myWindow = jamDigital() //code ini digunakan untuk memanngil class “jamDigital” nya..
        myApp.exec_()  //code ini merupakan code yang berfungsi agar window kita tidak langsung tertutup.
        sys.exit(0)  //code ini juga harus ada
    except Exception:  //code ini digunakan untuk pengecualian jika ada error.

        print(sys.exc_info()[1])  //code yang digunakann untuk meng print penyebab errornya.


Nah itu dia temen - temen penjelasan dari code program di atas.. Semoga apa yang sudah saya jelaskan tadi dapat memberikan kejelasan yang cukup.. Sehingga membuat anda lebih paham mengenai code program yang sudah saya bagikan tadi.. Sehingga anda bisa paham serta dapat menggunakan atau memanfaatkannya.. Karena saya juga sudah menjelaskan code programnya tiap baris..

Nah apabila ada pertanyaan, saran, kritik maupun keluhan, kalian bisa menyampaikan nya di kolom komentar yang ada di bawah postingan kali ini.. Atau juga bisa menghubungi saya melalui laman Hubungi kami yang sudah saya sediakan sebelumnya di blog ini.. Silahkan cari di footer blog ini ya...

Sekian duulu pembahasan saya pada postingan saya kali ini.. Semoga apa yang sudah saya bahas tadi dapat memberikaPenjelasan dari code program untuk membuat Jam Digital menggunakan python dengan library PySide.n manfaat yang dapat kalian gunakan... Dan terimaksih sudah membaca dan berkunjung ke blog saya... Oya jangan lupa minta tolong di share ke temen - temen kalian ya.. Biar blog ini bisa tetep hidup dan berkembang...

Dan mohon maaf apabila ada kesalahan serta kekuranga di blog ini.. Mohonmaklum.. Karena saya juga sebenarnya masih belajar.. Oke sekian dulu terimakasih..

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment