Macam - macam layout pada library PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen – temen.. pada psotingan kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai layout management nih… jadi pada blog ini saya tidak hanya akan membagikan sebuah contoh source code saja.. karena saya juga akan membagikan  sebuah materi yang akan menunjang pemahaman kita dalam pembuatan GUI window dalam Bahasa python menggunakan library PySide. Jadi ya walalupun saya bukan master dalam python, namun saya akan mencoba untuk membagikan ilmu saya kepada pembaca blog saya.. dengan harapan kalian juga dapat mengetahui apa yang saya ketahui..

Nah seperti yang sudah saya katakana sebelum nya, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai layout management pada GUI window python menggunakan PySide.  Dan sebelum saya membahas jenis – jenisnya, sudah taukah kalian apa yang dimaksud dengan layout managemen ? nah bagi kalian yang belum mengetahui nya, jangan khawatir. Karena saya akan menjelaskannya secara singkat.. agar kalian bisa memahami pokok atau inti dari postingan saya kali ini…

Pengertian dan arti kata dari “Layout Management”.

Bisa kita perhatikan bersama, jika Layout management memiliki dua buah kata. Yaitu layout dan management. Jadi saya akan mencoba untuk mengartikan kedua kata tersebut secara terpisah. Yuk langsung saja kita simak pembahasan tiap katanya di bawah ini..
Untuk pertama adalah kata Layout. Layout merupakan sebuah kata yang berasal dari Bahasa inggirs. Dan dalam Bahasa Indonesia memiliki arti susunan atau tata ruang. Jadi, layout dalam window GUI python ini bisa saya katakana sebagai salah satu susunan dari elemen – elemen yang ada di daam window nya..

Dan yang kedua adalah kata “management” yang tentu saja merupakan kata yang berasal dari Bahasa inggris juga. Dan dalam Bahasa Indonesia, kata management tersebut memiliki arti sebagai “pengelolaan, tata kepemimpinan” dan lain sebagainya.. jadi dalam window Python ini, kita bisa kita artikan sebagai pengelolaan dan tata letak dari widget yang akan kita letakkan atau kita taruk di window GUI python kita nantinya…

Jadi mengacu terhadap 2 buah pengertian dari 2 kata di atas, kita dapat mengartikan “layout management” sebagai salah satu pengaturan dan pen strukturan sebuah tata letak atau susunan yang dalam GUI python sendiri lebih mengacu terhadap letak dari widget – widget dan elemen – elemen lain yang terdapat di dalam window nya nanti.

Macam – macam layout management yang ada pada window GUI python yang menggunakan library PySide.

Nah setelah kita membahas mengenai arti dari layout management yang ada pada window python, selanjutnya saya akan mencoba untuk memberikan macam – macam dari layout managemen ini… nah sudah penasaran belum mengenai macam – macam nya ini ? hehe langsung saja yuk simak pembahasannya di bawah ini ya temen – temen…

Macam – macam dari layout managemen ini dapat dibagi menjadi 2 buah… apakah itu ? yuk langsung saja kita simak di bawah ini…
  1. Absolute positioning
  2. Layout Containers
Nah untuk penjelasan dari masing – masing tipe atau macam dari layout management diatas, kalian bisa langsung menyimkanya di bawah ini ya temen – temen….

Macam – macam Layout management : Absolute Layout.

Nah jenis layout yang satu ini merupakan jenis layout yang tidak akan mengembang saat window kita besarkan. Maksudnya posisi widget yang menggunakan layout jenis ini tidak akan berubah saat kita mengubah ukuran window yang telah kita  tampilkan. Hal tersebut membuat layout jenis ini kurang di sukai dan cendrung jarang di gunakan. Dan untuk mengatur layout jenis ini pun kita harus melakukan nya secara manual menggunakan fungsi move. Contoh “self.namavariabel.move(40,80)”. Namun kita bisa namun dengan layout jenis ini kita bisa mengatur letak widget kita di dalam window sesuka kita.

Nah untuk lebih menjelaskan penjelasan saya di atas,  berikut sertakan contoh program yang menggunakan layout jenis ini…

import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class statusbar(QtGui.QMainWindow):
    
    def __init__(self):
        super(statusbar, self).__init__()
        self.jendela()
        
    def jendela(self):
        self.button()
        self.statusBar().showMessage('Ready')
        self.setWindowTitle('absolute positioning') 
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.show()

    def button(self) :
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self)
        tombol.move(80, 60) 
        tombol.clicked.connect(self.close)
 
app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = statusbar()
sys.exit(app.exec_())

nah itu dia contoh program yang menggunakan layout jenis ini.. kalian bisa langsung mencoba program diatas dengan cara menyalinnya secara utuh lalu mempaste nya pada IDLE python kalian.. atau bisa membuat file python menggunakan teks editor lain seperti notepad maupun sublime text. Namun biar kalian tidak susah – susah, berikut saya sertakan screenshoot ketika program diatas saya jalan kan… yuk langsung saja kita simak screenshoot nya di bawah ini…



Nah bisa kita lihat pada 3 contoh screenshoot diatas… bila kita perhatikan secara sek sama dan detail, kita pasti tau jika posisi tombol akan tetap sama saja walaupun kita ubah windownya.. baik itu memperkecil maupun memperbesarnya.. gimana ? udah paham kan maksud saya mengenai absolute layout ini ? ya semoga saja kalian bisa memahaminya dengan mudah…

Macam – macam Layout management : Layout containers.

berbeda dengan absolute layout,  layout jenis ini cenderung akan mengikuti posisi ukuran dari window tempat dimana widget ditempatkan. Jadi, semua elemen yang ada di dalam window akan tetep mengikuti  ukuran dari window ketika kita mengubah ukuran windownya. Baik memperkecil maupun memperbesar ukuran windownya.

Oya.. layout containers juga di bagi menjadi berbagai jenis juga.. nah untuk mengetahui jenis – jenis beserta penjelasan yang lengkap, kalian bisa membacanya pada postingan saya sebelumnya. Atau kalian juga bisa KLIK DISINI untuk lebih mudahnya. Disana saya sudah menjelaskan macam – macamnya yang dilengkapi dengan contoh program beserta screenshoot untuk lebih memperjelasnya lagi.

Dan Untuk lebih memahami penjelasan saya tentang layout containers ini, kalian bisa mencoba program di bawah ini ya… kalian bisa langsung menyalinnya secara penuh lalu mempastenya untuk selnjutnya dijadikan sebagai file python yang berekstensi py. Yuk langsung saja kita simak program yang saya maksud di bawah ini…

import sys
from PySide import QtGui

class Example(QtGui.QWidget):
 
    def __init__(self):
        super(Example, self).__init__()
        self.initUI()
     
    def initUI(self):
        grid = QtGui.QGridLayout()
     
        title = QtGui.QLabel('Grid layout')
        grid.addWidget(title,0,0)

        button = QtGui.QPushButton('layout')
        grid.addWidget(button,0,1)
        tombol = QtGui.QPushButton('grid')
        grid.addWidget(tombol,1,0)
     
     
        self.setLayout(grid)
        self.setGeometry(300,300,350,200)
        self.setWindowTitle('layout containers')  
        self.show()

def main():
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = Example()
    sys.exit(app.exec_())


if __name__ == '__main__':
    main()



nah itu dia temen – temen contoh program yang menggunakan layout jenis containers. Lalu bagaimanakah hasil ketika program diatas kita jalan kan ? untuk menjawabnya, yuk langsung saja kita simak screenshoot nya di bawah ini…



Nah bisa kita liat temen – temen pada 3 buah screenshoot diata.. yang screenshoot yang pertama merupakan hasil screenshoot yang saya ambil ketika program ini saya jalankan… dan yang kedua adalah screen shoot yang saya ambil ketika window nya saya perkecil… dan yang paling besar adalah hasil screen shoot yang saya ambil ketika window nya saya perbesar…

Jika kita perhatikan, bisa kita lihat tombol – tombol diatas akan mengecil jika windownya nya kita perkecil… dan akan lebih panjang jika window nya kita perbesar pula..  nah sudah jelas kan temen – temen ? dan sudah jelas pula kan ? perbedaan mengenai absolute layout dan containers layout ini ? ya semoga penjelasan saya di atas dapat membuat anda merasa jelas dan mudah untuk kalian pahami…
Sekali lagi saya ingatkan.. jika kalian ingin mendapatkan penjelasan lengkap mengenai macam – macam dari layout containers ini, kalian bisa KLIK DISINI untuk membacanya.

Nah itu dia temen – temen pembahasan saya pada postingan kali ini.. yaitu mengenai macam – macam dari layout. Semoga penjelasan saya diatas dapat membuat kalian paham ya temen – temen.. karena sudah saya berusaha semampu saya untuk menjelaskannya… namun, jika ada penjelasan saya yang masih kurang jelas, kalian bisa menanyakan nya langsung pada kolom komenar yang ada di bawah postingan ini ya temen – temen… dan kalian juga bisa menghubungi saya melalui kontak form atau laman hubungi kami yang sudah saya sediakan link nya di footer blog saya.. atau bisa kalian temukan di paling bawah.

Oya… jika kalian menyukai postingan saya, minta tolong di share ya.. hal tersebut saya anggap sebagai support kalian terhadap blog saya untuk tetap aktif… oke kurang lebihnya saya mohon maaf serta harap maklum jika ada kesalahan dan ketidak jelasan.. karena saya juga masih belajar temen – temen… dan terimakasih sudah berkunjung pada blog saya… terutama bagi kalian yang sudah share.. saya ucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya… sekian…

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment