Cara mengistall python dan cara menjalankannya

Belajarpython – asslamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi ini teman – teman.. pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tentang tata cara atau tutorial untuk menginstall sebuah bahasa pemrograman python. Pada laptop kalian. Mungkin cara ini memang cukup mudah dan mungkin sudah banyak yang blog yang membahas masalah ini. namun, tidak ada salahnya kan jika saya membagikan materi yang sama dengan bahasa dan cara saya sendiri..? 

nah maka dari itu, saya akan mencoba untuk menjelaskan step – step atau langkah demi langkah untuk menginstall Bahasa python yang dilanjutkan dengan cara menggunakannya dan menulis scriptnya. Dan bagi kalian yang masih baru mengenal Bahasa yang satu ini, akan terasa kebingungan. Namun tenang saja kalian bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini untuk menuntun kalian dalam proses instalasi nya.

Python ini sekarang terdapat dua versi. Yaitu versi 3.4 dan 2.7. walaupun sebenarnya sama, namun terdapat beberapa syntak yang berubah. Sehingga kalian yang ingin berhijarah dari python 3.4 ke python 2.7 atau sebaliknya, kalian harus beradaptasi dengan syntak yang ada. Karena terdapat beberapa syntak yang memang berbeda. Dan perlu kalian garis bawahi, karena pada postingan saya kali ini saya akan menggunakan python versi 3.4. Sehingga bisa saja berbeda dengan python versi 2.7 nya..
Sebenarnya, Bahasa pemrograman bukan hanya python saja. Namun ada lebih banyak lagi. Seperti : Java, VisualBasic, JavaScript, HTML, CSS dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini saya ingin membahas cara menginstall python. Karena memang kebetulan, pada kuliah saya, menggunakan Bahasa pemrograman yang satu ini. sehingga, saya tergerak untuk menulis dan membagikan ilmu yang saya dapat dari bangku kuliah saya. Agar teman – teman juga bisa tahu apa yang saya dapat dan yang saya ketahui. 

Nah tanpa lama – lama lagi, yuk langsung saja kita  mulai inti dari postingan saya kali ini.. yaitu cara menginstall Bahasa pemrograman Python. Oke langsung saja ini dia...

Cara menginstall python versi 3.4 dengan simpel dan mudah.

  • Pertama – tama kalian harus menyipkan bahan dari proses instalasi ini. dan tidak sulit kok. Kita hanya perlu mendownloadnya saja. Dan mudahnya lagi, kita hanya perlu satu bahan saja. Yaitu file instalasi dari python ini sendiri. Untuk mendownloadnya, kalian pergi ke situs python. Atau  untuk lebih mudahnya kalian bisa langung KLIK DISINI.
  • Dan selanjutnya, kita cari file hasil download tadi. Lalu klik dua kali untuk membukanya. Dan selanjutnya akan tampil jendela instalasi dari python ini sendiri.
  • Kemudian silahkan kalian klik Run, lalu klik next saja sampai prosesnya selesai. Karena kalian tidak perlu mengubah settingnya. Nah untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar atau screenshootnya di bawah ini...

  • Nah jika sudah, kini laptop Anda sudah terinstall python versi 3.4. Dan siap untuk digunakan..

cara membuka dan menggunakan python versi 3.4.

Nah setelah melakukan proses penginstalan, lalu bagaimana cara menggunakannya ? mungkin kalian akan sangat kebingungan untuk menggunakannya. Sebenarnya, untuk menjalankannya secara live atau langsung di eksekusi, kalian bisa menggunakan IDLE dari python itu sendiri. 

Caranya cukup mudah.. kalian bisa memanggilnya dengan cara search di pencarian windows. Dengan cara mengetikkan “IDLE” maka dengan segera aplikasi ini akan muncul. Dan tampilannya akan seperti di bawah ini. kita bisa langsung menuliskan sesuatu. Seperti mengeprint atau mengalikan, menambah atau mengurangi angka seperti di bawah ini..


Nah yang selanjutnya adalah menggunakan Command Prompt dari python. Dengan cara membuka folder yang ada pada C:\Python34\pythone.exe . jadi Command prompt python ini berada pada Drive C. Lalu ada di folder “python34”. Lalu silahkan kalian klik dua kali pada file yang bernama “Python”. Jika aplikasi ini terbuka, maka kurang lebih tampilannya akan seperti pada Command Prompt pada windows. Sebenarnya, fungsinya sama saja seperti IDLE di atas. Yaitu menulis Script dan menjalankannya secara realtime atau langsung.

Kemudian bagaimanakah cara menulis script dari python ini ? sebenarnya, ada banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk menulis script dari pythone ini. salah satunya di IDLE nya. Kalian bisa klik menu “File” yang terdapat pada pojok kiri atas layar IDLE kalian. Setelah itu kalian bisa klik “new file”. Maka akan tampil window atau jendela baru tempat di mana kalian akan menulis script kalian nantinya. silahkan lihat gambar di bawah ini ya..


Aplikasi lain yang dapat kalian gunakan adalah Notepad atau aplikasi sejenis lainnya. Seperti notepad++, atom, dan lain sebagainya. Namun jika kalian menggunakan Notepad, kalian harus menyimpannya dalam ekstensi atau format file “.py” jika tidak kalian tidak akan bisa menjalankannya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini ya..


Dan untuk menjalankannya, kalian bisa klik dua kali pada file yang telah kalian simpan tadi.. namun hal tersebut terkadang akan berjalan sangat cepat dan akan langsung close otomatis. Sehingga kalian tidak bisa melihat hasil dari program kalian. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut, kalian bisa menggunakan IDLE python atau Command Promt windows untuk menjalankannya.  Untuk menggunakan IDLE python, kalian bisa klik kanan pada file yang ingin kalian jalankan. 

Lalu silahkan kalian pilih “edit with IDLE”. Maka dengan segera akan tampil window atau jendela baru. Yaitu IDLE dengan Script yang sudah kalian buat tadi. Dan untuk melihat hasilnya, kalian bisa tekan tombol ‘F5’. Maka program akan di jalankan dengan menampilkan window atau jendela baru. Dan jika kalian ingin menggunakan Command Prompt windows, kalian bisa langsung menuliskan alamat tempat dimana kalian menyimpan file nya. 

Contohnya adalah “D:\folder\tes.py” . maka dengan segera kalian akan mendapatkan hasilnya di command line nya. Namun, jika yang tampil adalah Window aplikasi yang lain, kalian bisa mengubah default aplikasi untuk menggunakan format atau ekstensi “py”.

Nah itu dia teman teman--- tentang proses penginstalan dari bahasa pemrograman python ini beserta cara menjalankan dan menggunakannya. cukup mudah bukan ? tentu sangat mudah. Dan saya rasa bisa dilakukan oleh siapa saja. Asala mengikuti tutorial ini secara runtut dan membacanya secara detail. Jadi saya harap postingan saya kali ini dapat bermanfaat bagi teman – teman disana yang ingin menginstall python namun masih bingung caranya...


Nah saya cukupkan sampai disini dulu ya teman – teman... seperti yang sudah saya katakan diatas, semoga postingan ini bisa bermanfaat.. dan tentu mudah di pahami.. dan mohon maaf bila ada kekurangan maupun kelebihan pada postingan saya kali ini.. dan tentu saja mohon dimaklumi ya.. karena saya masih belajar cara menulis yang baik dan benar.. 

oya.. jangan lupa ya berkomentar di bawah postingan ini ya.. dan jika tidak keberatan, mohon di share keteman sosial media kalian ya... siapa tahu bisa memberikan manfaat dan ada yang membutuhkannya...oke sekian dulu ya.. teimakasih sudah berkunjung dan membaca postingan saya yang satu ini.... 

wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment