Cara memunculkan kotak dialog pada window GUI python menggunakan PySide

Belajarpython – Assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih teman – teman... pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk membagikan code program untuk menggunakan atau menambahkan kotak dialog pada GUI python yang menggunakan library PySide. Nah, sudah taukah kalian apa itu PySide ? nah jika belum, ijin kan saya untuk menjelaskan sekilas saja.. jadi, PySide merupakan salah satu library dari bahasa pemrograman python. Library sendiri, digunakan oleh bahasa pemrograman python, untuk membuat atau membangun sebuah GUI yang merupakan singkatan dari Graphical user interface.  atau lebih simple nya bisa kita katakan sebagai pembuat tampilan dari sebuah aplikasi.

Nah sudah tahu kan apa itu PySide ? ya sebenarnya, library dari python ini tidak hanya PySide saja.. salah satu contohnya adalah Tkinter, yang merupakan sebuah library build in atau bawaan dari Bahasa permrograman bahasa python itu sendiri. Sehingga kita tidak perlu menginstall library tambahan lagi. Yang kita perlukan hanya mengimport nya lalu langsung menggunakannya saja.. namun pada program untuk membuat dialog ini saya akan menggunakan library dari PySide. Nah bagi kalian yang belum mengistallnya, saya sudah membuatkan tutorialnya kok.. silahakan KLIK DAN BACA DISINI jika kalian berlum menginstall PySide nya..
Nah setelah kalian menginstall PySide nya, yuk langsung saja kita mulai proses pembuatan kotak dialog dari PySide ini…

Apa yang dimaksud dengan kotak dialog itu ?

Nah bagi kalian yang masih bingung atau belum tau mengenai apa itu kotak dialog, tenang saja.. saya akan mencoba menjelaskannya kok.. biar kalian bias tau dan paham apa yang akan kita pelajari pada postingan saya kali ini…  jadi kotak dialog yang saya maksud disini adalah kotak yang akan muncul untuk meminta tindakan dari user dan umum nya ukuran nya relatif lebih kecel dari ukuran GUI window utamanya.. sehingga user akan tetap bisa membedakan antara window utama dan window kotak dialog.. nah untuk lebih jelas dan lebih memperjelas dari kata – kata saya ini, yuk langsung saja kita simak screenshoot contoh dari kotak dialog ini…


Nah itu dia salah satu contoh dari kotak dialog nya…  kotak dialog tersebut saya ambil dari aplikasi Microsoft office. Dan kotak dialog tersebut berfungsi untuk memasukkan atau menambahkan sebuah tabel… gimana ? udah tau kan apa itu kotak dialog ? semoga saja kalian bisa memahaminya.. namun, contoh kotak dialog yang akan saya buat ini tida akan sekompleks contoh screenshoot diatas.. ya maklum saja.. kita kan masih belajar.. jadi yang namanya belajar, harus dari yang lebih mudah dulu dong.. hehe

Code program untuk membuat kotak dialog pada GUI python menggunakan PySide.

Nah setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan kotak dialog yang merupakan bahasan utama saya pada postingan kali ini, maka sekarang saya akan mencoba untuk memberikan program atau souce code dan bias jug kita bilang code program untuk membuat kotak dialog ini.. dan perlu saya tekan kan lagi.. program yang saya bagikan ini merupakan program yang akan menampilkan kotak dialog yang sederhana.. jadi, jangan kecewa ya setelah kalian jalan kan, namun GUI dari kotak dialognya malah tidak sesuai dengan harapan kalian.. hehe…
Lalu seperti apa sih souce code atau code programnya ? untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk langsung saja kita lihat sama – sama source code nya di bawah ini..

import sys
from PySide import QtGui

class kotakDialog(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(kotakDialog, self).__init__()
        self.initUI()
        
    def initUI(self): 

        self.title = QtGui.QLabel('Nama :', self)
        self.title.move(40, 40)

        self.btn = QtGui.QPushButton('isi nama', self)
        self.btn.move(100, 100)
        self.btn.clicked.connect(self.showDialog)
        
        self.le = QtGui.QLineEdit(self)
        self.le.move(90, 40)
        
        self.setGeometry(300, 300, 290, 150)
        self.setWindowTitle('Nama')
        self.show()
        
    def showDialog(self):
        text, ok = QtGui.QInputDialog.getText(self, 'Masukan', 
            'Masukan nama anda:')
        
        if ok:
            self.le.setText(str(text))
            
def main():
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = kotakDialog()
    sys.exit(app.exec_())


if __name__ == '__main__':
    main()



nah itu dia temen – temen programnya… cukup panjang ya.. hehe.. padahal kita hanya akan membuat GUI yang sangat simpel.. malah panjang seperti itu ya postingannya.. lalu seperti apakah tampilan GUI yang akan di hasilkan dari code program di atas ? untuk menjawab rasa penasaran kalian, yuk langsung saja kita simak sama – sama contoh screenshoot dari program diatas ketika kita jalankan…


 Nah itu dia temen – temen screenshoot ketika program diatas saya jalankan… jadi window yang akan tampil ketika progam tersebut dijalankan adalah window yang memiliki ukuran lebih besar. Dan setelah kita klik tombol “isi nama”, maka akan tampil kotak dialognya.. yaitu yang memiliki window lebih kecil atau yang berada di sebelah kanan.. sudah paham kan? Hehe semoga saja kalian tidak bingung mendengarkan penjelasan saya…

Penjelasan dari code program pembuatan Kotak dialog GUI python PySide.

Nah setelah kita mencari tau tentang apa itu kotak dialog dan juga telah mempelajari tentang bagaimana cara untuk menambahkan atau membuat kotak dialog, sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya bagikan diatas.. dengan harapan dapat membuat kalian bisa lebih paham dengan program yang sudah saya bagikan sebelumnya... dengan begitu, kalian dapat mempraktekkan serta memanfaatkannya untuk membuat program nantinya.. seperti apakan penjelasannya ? yuk langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini…



import sys //nah program ini saya gunakan untuk mengimport sys
from PySide import QtGui //ini saya gunakan untuk mengimpor QtGui dari library PySide.

class Example(QtGui.QWidget): //ini merupakan class “Example”. Class inilah yang akan saya jadikan sebagai GUI nantinya.
   
    def __init__(self): //ini merupakan sebuah constructor yang akan dijalankan secara otomatis ketika class “example” di panggil.
        super(Example, self).__init__() //ini merupakan sebuah penginisalisasian class “example” menjadi sebuah GUI.
        self.initUI() //ini merupakan pemanggilan metode yang bernama “initUI”.
       
    def initUI(self): //ini merupakan sebuah metode yang saya buat untuk menampung komponen komponen GUI yang akan kita tampilkan nantinya.

        self.title = QtGui.QLabel('Nama :', self) //ini saya gunakan untuk memasukkan teks kedalam window GUI
        self.title.move(40, 40) //ini digunakan untuk memindah tulisan yang saya tambah kan tadi dengan koodinat 40 x 40

        self.btn = QtGui.QPushButton('isi nama', self) //ini merupakan penambahan button atau tombol dengan nama “isi nama” dan sudah saya tampung dalam variable “btn”.
        self.btn.move(100, 100) //ini saya gunakan untuk meminndahkan button tadi ke koordinat 100x100 di dalam window yang akan kita tampilkan nantinya.
        self.btn.clicked.connect(self.showDialog) //ini di gunakan untuk memberikan perintah ketika tombol di klik saat program ini dijalankan.
       
        self.le = QtGui.QLineEdit(self) //ini merupakan penambahan kotak isian teks dengan tipe line edit. Yang ukurannya hanya satu baris teks saja.
        self.le.move(90, 40) //ini digunakan untuk memindahkan kotak isian tadi dengan titik koordinat 90 x 40 di dalam GUI Windows.
       
        self.setGeometry(300, 300, 290, 150) //ini digunakan untuk mengatur ukuran geometry dari window yang akan kita tampilkan nantinya.
        self.setWindowTitle('Nama') //ini digunakan untuk mengatur atau mengubah judul window yang akan kita munculkan nantinya.
        self.show()  //ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi.
       
    def showDialog(self): //ini merupakan metode dengan nama “showDialog” yang akan aktif atau di panggil ketika tombol “isi nama” di klik saat program kita jalankan.
        text, ok = QtGui.QInputDialog.getText(self, 'Masukan',
            'Masukan nama anda:') //ini digunakan untuk membuat kotak dialog dengan judul “masukan” dan nama inputan yang kita butuhkan “Masukan nama anda”
       
        if ok: //ini digunakan untuk memeriksa apakah user klik tombol “ok” atau tidak pada window kotak dialog
            self.le.setText(str(text)) //jika user mengklik “ok” maka program akan mengubah nilai yang ditampilkan pada kolom teks yang ada pada window utama menjadi teks nama yang sudah dimasukkan dalam kolom teks  yang ada pada kotak dialog yang sudah dimunculkan tadi.
           
def main():  //ini merupakan metode yang saya buat untuk menampung perintah utama yang harus ada dalam pembuatan GUI python menggunakan library PySide ini. Dan perlu kalian ketahui, metode ini sudah berada di luar class “kotakDialog”.
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)  //ini merupakan program wajib dalam pembuatan GUI python menggunakan library PySide.
    ex = kotakDialog() //ini merupakan pemanggilan class “kotakDialog” yang sudah kita buat diatas.
    sys.exit(app.exec_()) //ini merupakan program wajib dalam pembuatan GUI python menggunakan library PySide.

if __name__ == '__main__':  //ini merupakan pemeriksaan apakah program di panggil atau tidak.

    main() //code ini digunakan untuk pemanggilan metode main.



Nah itu dia temen – temen penjelasan saya mengenai program ini.. semoga kalian bisa memahami apa yang sudah saya sajikan dalam postingan ini ya temen – temen.. karena saya sudah berusha sebisa saya untuk menjelaskannya sejelas mungkin.. namun, jika ada yang kurang jelas, atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa langsung menanyakan nya pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini ya.. atau kalian juga bisa langsung menghubungi saya melalui laman contact form yang sudah saya sediakan pada blog ini…

Sekian dulu ya postingan saya pada kesempatan kali ini.. semoga bisa bermanfaat bagi yang sudah membaca postingan saya atau bagi kalian yang sudah mengunjungi blog saya… oya.. saya minta tolong agar postingan ini di share ke teman social media kalian ya.. ya hitung – hitung sebagai dukungan kalian terhadap saya.. hehe kurang lebihnya saya mohon maaf dan mohon dimaklumi ya.. karena sayapun sebenarnya masih belajar juga… sekian…  dan terimakasi sudah membaca postingan saya.. terlebih bagi kalian yang sudah membagikan atau yang sudah berkomentar pada postingan saya…. Sekali lagi terimakasih…

wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment