Cara membuat statusbar pada GUI python menggunakan PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih teman – teman ... pada kesempatan kali ini saya akan mencoba meneruskan postingan yang sudah saya buat sebelum – sebelum nya.. yaitu tentang tutorial pembuatan GUI dari library PySide. PySide sendiri merupakan sebuah library dari bahasa pemrograman python. Nah postingan yang saya maksud tadi adalah postingan untuk membuat : window dari PySide, mengubah title atau judul window, menambahkan icon pada window, membuat button dan perinthanya serta membuat code untuk membuat window kita berada di tengah layar kita. Nah jika kalian tertarik utnuk membaca salah satu postingan saya yang sebelumnya, kalian bisa klik pada kata yang ingin kalian baca pembahasannya.

Nah pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk menambahkan Statusbar yang akan saya taruh di pojok kiri bawah window GUI kita nantinya.

Penjelasan dan pengertian mengenai StatusBar.

sebelum saya memberikan code programnya, saya ingin bertanya.. sudah taukah kalian apa itu status bar ? nah jika kalian belum tau, sedikit akan saya kasi penjelasan.. jadi dari namanya saja, yaitu “status bar” kita dapat mengartikannya.. karena “status bar” berasal dari dua kata, maka disini ada dua artian.. yang pertama adalah kata “status”. Apa itu status ? nah status merupakan sebuah kondisi dari suatu benda atau yang lainnya. Dan yang kedua adalah kata “Bar”. Kata ini dalam bahasa inggris dapat kita artikan sebagai “bar”. Jadi, “status bar” dapat kita analogikan sebagai tempat untuk menampilkan status atau kondisi dari sebuah aplikasi.

Nah untuk lebih memperjelas lagi dari apa yang sudah saya jelaskan diatas, kalian bisa melihat screenshoot status bar milik google chrome di bawah ini ya...

Nah itu dia contoh statusbar milik google chrome. Yang biasanya berada pada pojok kiri bawah jendela window dari google chrome. Sudah jelaskan apa itu status bar ? nah semoga kalian bisa memahami nya ya...

Code program untuk menambahkan StatusBar pada window GUI PySide python.

Setelah saya jelaskan dan saya contohkan tentang apa itu “status Bar” , maka selanjutnya sekarang waktunya untuk kita mengetahui code program untuk membuat “statusbar”. Sebenarnya dan sejujurnya, code program yang akan saya pakai adalah code program dari postingan yang membahas tentang tata cara membuat window kita tampil ditengah layar kita. Jadi saya hanya akan menambahkan beberapa code program saja untuk menampilkan status bar ini..

Nah langsung saja yuk kita simak program untuk membuat status bar ini... namun perlu kalian ketahui, disini saya akan memberikan 2 versi source code.. yang pertama adalah program lanjutan dari postingan sebelumnya yang sudah saya tambahkan statusbar.. dan yang kedua adalah program dengan versi sederhana dengan hanya memprioritaskan statusbar nya saja... yuk langsung saja kita simak code program yang pertama.. yaitu source code lanjutan dari postingan sebelumnya...


Import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class statusbar(QtGui.QMainWindow):
    
    def __init__(self):
        super(statusbar, self).__init__()
        self.jendela()
        
    def jendela(self):
        self.resize(250, 150)
        self.button()
        self.ditengahkan()
        self.statusBar().showMessage('ini yang namanya status bar..')
        self.setWindowTitle('statusbar dibawah') 
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.show()

    def button(self) :
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self)
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya')
        tombol.move(80, 60) 
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit)

    def ditengahkan(self):    
        posisi = self.frameGeometry()
        tengah = QtGui.QDesktopWidget().availableGeometry().center()
        posisi.moveCenter(tengah)

app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = statusbar()
sys.exit(app.exec_())



nah itu dia teman – teman programnya.. seperti yang sudah saya katakan diatas, program tersebut merupakan program lanjutan dari program sebelumnya.. mungkin akan sangat susah untuk kalian pahami.. nah berikut saya sertakan screenshoot hasil ketika program tersebut saya jalankan...



Nah itu dia hasil running dari program yang pertama...
Program yang pertama memang cukup rumit. Jadi, untuk memudahkan kalian dalam proses pemahaman nya, kalian bisa melihat contoh source code yang kedua yang tentunya lebih sederhana dari source code lanjutan diatas... dan tentunya lebih terarah kepada poin utama pada postingan kali ini.. persis seperti yang sudah saya katakan diatas.. yuk langsung saja kita simak contoh program atau sorce code yang kedua...


import sys
from PySide import QtGui

class contohstatusbar(QtGui.QMainWindow):
   
    def __init__(self):
        super(contohstatusbar, self).__init__()
       
        self.jendela()
       
    def jendela(self):
        self.statusBar().showMessage('ini status bar...')
        self.setWindowTitle('Statusbar dibawah')  
        self.show()

app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = contohstatusbar()
sys.exit(app.exec_())


nah bagaimana ? jauh lebih simpel bukan ? tentu saja.. semoga lebih memudah kan dalam proses pemahaman kalian ya.... dan untuk screenshoot ketika program ini dijalankan, kalian bisa lihat pada gambar di bawah ini ya...



Nah itu dia screenshootnya.. semoga kalian bisa paham...


Pembahasan dan penjelasan code program yang sudah saya bagikan.

Nah, setelah saya membagikan code program diatas, saya akan mempertanggung jawabkannya.. dengan cara menjelaskan semua baris program nya.. mulai dari program yang pertama yang merupakan program lanjutan, sampai program kedua yang jauh lebih simpel.. yuk langsung saja kita simak penjelasan saya mengenai code program diatas...

Pertama – tama. Saya akan menjelaskan program kelanjutan dari postingan saya sebelumnya.. yang tentu saja cukup rumit.. karena ada penambahan lain. Seperti tombol, icon dan lain sebagainya. Yuk langsung saja kita simak penjelasan saya pada program yang pertama...


import sys  //ini digunakan untuk mengimpor sys
from PySide import QtGui, QtCore //ini saya gunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class statusbar(QtGui.QMainWindow): //ini merupakan sebuah class untuk membuat sebuah GUI nantinya.. dan saya memberi nama class nya dengan nama “statusbar”.

    def __init__(self): //ini merupakan metode yang akan secara otomatis di jalankan ketika kalian memanggil class “menampilkan _tombol”.
        super(statusbar, self).__init__() // ini untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI.
        self.jendela() //ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama jendela. Yang berada di bawah ini.

    def jendela(self): //ini merupakan metode yang saya gunakan untuk membuat sebuah window.
        self.resize(250, 150) //ini digunakan untuk mengatur ukuran dari window yang akan saya buat.
        self.button() //ini merupakan pemanggilan metode “button”.
        self.ditengahkan() //nah ini digunakan untuk memanggil metode “ditengahkan” yang berisi perintah untuk membuat windownya berada di tengah.
self.statusBar().showMessage('ini yang namanya status bar..')  //ini lah yang digunakan untuk menambahkan statusbar dibawah window kita. Saya menambahkan status bar dengan pesan “ini yang namanya status bar..”. tentu kalian bisa mengubanya sesuka hati kalian...
        self.setWindowTitle('statusbar dibawah ')  //untuk mengubah judul dari window yang akan kita tampilkan dengan judul “statusbar dibawah”. Kalian juga bisa mengubah judulnya dengan judul sesuka kalian.
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg')) ini saya gunakan untuk memasang icon dari window nya. Kalian bisa merubahnya sesuai kemauan kalian dengan cara mengganti teks warna merah tersebut dengan lokasi foto yang akan kalian jadikan sebagai icon. Dan harus berformat jpg ya...
        self.show() //ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi. Maksudnya akan ditampilkan ketika program ini di jalankan.

    def button(self) : //ini merupakan sebuah metode yang saya isi dengan program untuk membuat button.
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self) //ini merupakan code program dengan perintah untuk membuat sebuah tombol dengan nama exit.
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya') //code ini saya gunakan agar saat pointer menyentuh tombol yang kita buat, maka akan menampilkan sebuah tulisan “ini tombolnya”
        tombol.move(80, 60) //ini saya gunakan untuk memindah tombol yang sudah saya buat tadi.
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit) //ini saya gunakan untuk membuat tombol nya memiliki perintah. Yaitu untuk keluar dari window atau mengakhiri run programnya.

    def ditengahkan(self): //ini merupakan fungsi atau metode yang menjadi inti dari postingan ini. didalam metode ini memiliki program yang berfungsi untuk membuat windownya berada di tengah layar kita.
        posisi = self.frameGeometry() //ini digunakan untuk mendapatkan ukuran frame dari window atau jendela kita. Yang sudah saya tampung dalam variabel “posisi”.
        tengah = QtGui.QDesktopWidget().availableGeometry().center() //ini saya gunakan untuk mendapatkan nilai atau titik tengah dari layar kita. Dan sudah saya tampung nilainya di dalam variabel “tengah”.
        posisi.moveCenter(tengah)  //code ini merupakan perintah untuk memindahkan window kita ke titik tengah layar kita.

app = QtGui.QApplication(sys.argv)  // ini merupakan code wajib yang harus ada.
ex = statusbar() //ini digunakan untuk memanggil class “statusbar”.

sys.exit(app.exec_()) //ini merupakan bagian dari code yang harus ada.


Nah itu dia penjelasan saya mengenai code program yang pertama.. semoga kalian bisa memahaminya dengan cepat dan mudah ya.. dan untuk selanjutnya saya akan menjelaskan program atau source code yang kedua.. yang tentunya lebih simple dan mudah kita paahami.. yuk langsung saja kita simak penjelasan saya di bawah ini ya...


import sys  //ini digunakan untuk mengimpor sys.
from PySide import QtGui //ini digunakan untuk mengimpor QtGui dari library PySide.

class contohstatusbar(QtGui.QMainWindow): //ini merupakan pembuatan class untuk pembuatan windownya. Yang sudah saya kasi nama “contohstatusbar”.

    def __init__(self): //ini merupakan metode yang secara otomatis akan di jalankan ketika class “contohstatusbar” ini di panggil.
        super(contohstatusbar, self).__init__() //ini digunakan untuk membuat class ini menjadi sebuah GUI.

        self.jendela() //code ini digunakan untuk memanggil metode “jendela”
       
    def jendela(self): //ini merupakan metode yang berisi komponen GUI nantinya.
        self.statusBar().showMessage('ini status bar...') //nah inilah code untuk menampilkan sebuah statusbar.. saya menampilkan pesan “ini status bar..”. tentu kalian bisa mengubahnya sesuka kalian.
        self.setWindowTitle('Statusbar dibawah') //ini saya gunakan untuk mengubah judul window nya. Saya membuat judulnya dengan nama “statusbar dibawah”. Kalian bisa mengubahnya sesuka kalian.
        self.show() //ini digunakan untuk menampilkan window yang sudah kita buat tadi.


app = QtGui.QApplication(sys.argv) //ini merupakan code yang wajib ada. Entah apa fungsinya aku juga gtw..hehe
ex = contohstatusbar()  //ini merupakan pemanggilan class “contohstatusbar”
sys.exit(app.exec_())  //ini merupakan code wajib juga.


Nah itu dia penjelasan saya mengenai kedua program diatas.. semoga kalian bisa memahami dan mengerti apa yang sudah saya jelaskan ya... dan semoga kalian tidak bingung.. dan apa bila ada yang bingung, silahkan baca dengan teliti lagi ya.. insyaallah kalian bisa memahaminya dengan baik...

dan jika kalian menemukan penjelasan yang kurang jelas, atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa langsung berkomentar pada kolom komentar yang ada di bawah potingan ini.. atau kalian juga bisa langsung menghubungi saya pada laman contact us yang sudah saya sediakan di blog ini..

oya jangan lupa bagikan atau share postingan ini ya.. di akun sosial media yang kalian ingin kan.. siapa tahu ada teman kalian yang membuthkan referensi untuk membangun sebuah GUI dari python yang menggunakan library PySide tentunya.

Sekian dulu ya pertemuan kita pada postingan kali ini.. semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya ya.. dan saya moho maaf atas kekurangan dan kesalahan pada postingan saya kali ini.

karena, bagaimanapun, saya juga masih berlajar.. hehe nah tak lupa juga saya sampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Anda.. terlebih bagi kalian yang membaca serta membagikan postingan ini.. saya sampaikan banyak terimakasih.. sekian dulu ya... terimakasih

wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment