Cara membuat kolom teks atau teks field di python menggunakan PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih teman – teman.... pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk melanjutkan postingan saya sebelumnya... pada postingan saya sebelumnya, saya telah membuat window lalu mengubah icon dan judulnya, lalu setelah itu saya menambahkan tombol, lalu status bar, yang kemudian saya buat windownya tampil di tengah layar kita.. dan setelah itu saya menambahkan toolbar dan dilanjutkan dengan penambahan sebuah menubar. Jika kalian tertarik untuk membaca salah satu postingan yang telah saya buat, kalian bisa langsung klik pada tulisan judul – judul yang telah saya sebutkan diatas.

Pada postingan saya kali ini, saya akan mencoba untuk membuat isian atau kolom teks. jadi nantinya saya akan mencoba untuk membuat sebuah isian yang bisa di isi oleh user ketika program ini dijalankan. Jadi, window kita nantinya akan bisa menerima sebuah inputan teks dari user saat program dijalankan. Atau dalam keadaan running.. nah tanpa lama – lama lagi, yuk langsung saja kita simak pembahasan saya mengenai penambahan sebuah field atau kolom teks ini...

Seperti apa field atau kolom teks itu ?

Nah sebelum kita melangkah ke proses pembuatan kolom teks nya, izinkan saya menjelaskan dan memberi tahu apa yang saya maksud sebagai field atau bisa disebut kolom atau isian teks ini. nah saya takut ada yang masih belum tau mengenai apa yang saya maksud pada postingan saya kali ini..

nah jadi field, kolom atau isian teks ini adalah sebuah tempat atau ruang disebuah GUI window yang berfungsi untuk memasukkan sebuah teks atau angka. nah itu mungkin pendefinisian menurut saya pribadi. Namun, untuk lebih jelasnya, saya akan mencoba untuk memberikan salah satu contoh isian teks dari sebuah aplikasi. Dengan tujuan, kalian bisa langsung melihat contoh dari apa yang saya bahas kali ini.. yuk langsung saja kita simak gambar atau screenshootnya di bawah ini...


Nah bisa kita lihat pada kolom yang saya lingkari merah tersebut... itulah yang saya maksud pada postingan kali ini... tempat kotak itulah yang akan kita buat pada postingan kali ini.. ya walaupun tidak sebagus gambar di atas.. hehe,.. screenshoot di atas saya ambil dari aplikasi Google Chrome yang merupakan sebuah aplikasi pencarian atau serach engine... kalian bisa langsung melihatnya di aplikasi tersebut...


Membuat field atau kolom teks pada GUI window python menggunakan Library PySide.

Nah setelah kita mencari tau mengenai apa itu field, kolom atau isian teks in, maka sekarang waktunya saya akan membagikan source code untuk membuat kolom teks ini..  saya akan mencoba untuk menampung code – code program yang diperlukan untuk membuat kolom teks dalam sebuah metode. Sehingga programnya akan  terlihat lebih ringkas dan dengan tujuan agar lebih mudah untuk kalian pahami... nah tanpa lama – lama lagi, yuk langsung saja kita simak code program untuk mebuat kolom atau field teks ini...


import sys
from PySide import QtGui

class kolomteks(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(kolomteks, self).__init__()
        
        self.jendela()
        
    def jendela(self):
        self.form()

        self.setGeometry(300, 300, 350, 300)
        self.setWindowTitle('Kolom teks')    
        self.show()

    def form (self) :
        title = QtGui.QLabel('Nama :')
        review = QtGui.QLabel('Essay :')

        titleEdit = QtGui.QLineEdit()
        reviewEdit = QtGui.QTextEdit()

        grid = QtGui.QGridLayout()
        grid.setSpacing(10)

        grid.addWidget(title, 1, 0)
        grid.addWidget(titleEdit, 1, 1)

        grid.addWidget(review, 3, 0)
        grid.addWidget(reviewEdit, 3, 1, 5, 1)
        
        self.setLayout(grid) 

app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = kolomteks()
sys.exit(app.exec_())


Nah itu dia program nya teman – teman...  nah perlu kalian ketahui, karena terdapat 2 macam kolom yang sudah saya tambah kan kedalam GUI windownya... yang pertama adalah “line edit” dan yang kedua adalah “text edit”. Perbedaannya adalah dari segi lebar kolom yang disediakan.

Jadi, untuk “line edit”, kolomnya hanya akan terdiri dari satu baris saja... yang umumnya digunakan untuk meminta user untuk menginputkan nama, email,dan dan lain sebagainya.. dan sedangkan untuk “text edit” ukurannya relatif lebih besar. Yang cocok digunakan untuk sebuah inputan teks yang banyak. Seperti cerita, masukan dan lain sebagainya. Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat screenshoot hasil dari program di atas ketika saya jalankan... oke langsung saja kita lihat di bawah ini ya teman – teman...


Nah itu dia screenshoot ketika program diatas saya jalankan... nah bisa kita lihat... kolom kecil yang ada diatas dan hanya terdiri dari satu baris tersebut merupakan “line edit” yang sudah saya singgung sebelumnya.. dan kolom kedua yang ukurannya relatif lebih besar tersebut, merupakan “text edit” sebagaimana yang sudah saya jelaskan diatas... dan sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan code program yang sudah saya berikan di atas.. yuk langsung saja kita simak penjelasan saya di bawah ini...


import sys //ini digunakan untuk mengimpor sys
from PySide import QtGui //code ini digunakan untuk mengimpor QtGui dari library PySide.

class kolomteks(QtGui.QWidget): //code ini merupakan pembuatan sebuah class yang saya buat dengan nama “kolomteks”. Dan akan menampung semua metode untuk membuat GUI windownya.

    def __init__(self): //ini merupakan sebuah metode yang secara otomatis akan dijalankan ketika class “kolomteks” kita panggil.
        super(kolomteks, self).__init__() //ini digunakan untuk membuat class “kolomteks” menjadi sebuah GUI.

        self.jendela() //code ini digunakan untuk memanggil metode jendela yang telah saya buat di bawah ini.

    def jendela(self): //ini merupakan sebuah metode yang menampung
        self.form() //digunakan untuk memanggil metode “Form”

        self.setGeometry(300, 300, 350, 300) //digunakan untuk mengatur ukuran window yang akan tampil nantinya.
        self.setWindowTitle('Kolom teks') //untuk mengubah judul window dengan naman “Kolom teks”. kalian juga bisa merubahnya sesuka kalian pada teks yang berwarna merah diatas.
        self.show() //digunakan untuk menampilkan window yang telah kita buat tadi.

    def form (self) : //ini merupakan metode untuk menampung code – code program pembuatan kolom teks.
        title = QtGui.QLabel('Nama :') //ini digunakan untuk memasukkan teks kedalam window. Dengan teks “Nama :” kalian tentu bisa merubahnya sesuka kalian.
        review = QtGui.QLabel('Essay :') //ini digunakan untuk memasukkan teks kedalam window. Dengan teks “Essay :” kalian tentu bisa merubahnya sesuka kalian.

        titleEdit = QtGui.QLineEdit() //digunakan utnuk mendeklarasikan variabe “titleEdit” dan menampung kolom Line edit atau kolom yang memiliki lebar satu baris saja.
        reviewEdit = QtGui.QTextEdit()  //digunakan utnuk mendeklarasikan variabe “reciewEdit” dan menampung kolom Line edit atau kolom yang memiliki lebar satu baris saja

        grid = QtGui.QGridLayout() //digunakan untuk mengatur layout dari kolom tersebut menjadi Grid atau kotak.
        grid.setSpacing(10)  //digunakan untuk mengatur spasi antar kolom nantinya.

        grid.addWidget(title, 1, 0)  //code ini digunakan untuk memasang atau menambah kan teks yang ditampung dalam variabel “title” kedalam window. Dengan posisi baris 0 dan kolom 1.
        grid.addWidget(titleEdit, 1, 1)   //code ini digunakan untuk memasang atau menambah kan teks yang ditampung dalam variabel “titleEdit” kedalam window. Dengan posisi baris 1 dan kolom 1.

        grid.addWidget(review, 3, 0) //code ini digunakan untuk memasang kolom teks yang sudah di tampung didalam variabel “review” tadi pada posisi baris 0 dan kolom 3.
        grid.addWidget(reviewEdit, 3, 1, 5, 1)  //code ini digunakan untuk memasang kolom teks yang sudah di tampung didalam variabel “reviewEdit” tadi pada posisi baris 1 dan kolom 3.
        
        self.setLayout(grid) //code ini digunakan untuk mengatur layout keseluruhan menjadi kotak.

app = QtGui.QApplication(sys.argv) //ini merupakan code wajib ada untuk membuat sebuah GUI python yang menggunakan Library PySide.
ex = kolomteks()  //code ini digunakan untuk memanggil class “kolomteks()”. Yang sudah kita buat diatas.
sys.exit(app.exec_())  //ini merupakan code wajib ada untuk membuat sebuah GUI python yang menggunakan Library PySide.


Nah itu dia penjelasannya teman – teman.. semoga penjelasan saya di atas dapat dipahami dengan mudah ya... jika ada yang kurang paham, silahkan baca berulang – ulang.. dan saya yakin pada akhirnya kalian akan memahaminya.. karena saya pun sudah berusaha menjelaskan pram tersebut dengan sejelas jelasnya..

dan setelah itu tinggal kalian lah yang harus berusaha untuk memahamin penjelasan saya.. hehe …namun jika kalian memang sudah menyerah dan tidak bisa memahami penjelasan saya lagi, kalian juga bisa menanyakannya langsung pada komentar yang ada di bawah postingan saya kali ini ya temen – temen.. atau kalian juga bisa langsung menghubungi saya pada laman contact us atau hubungi kami yang sudah saya sediakan di blog ini ya.. silahkan dicari di bagian paling bawah blog ini..

Oke Sekian dulu ya bahasan maupun pembelajaran saya pada postingan ini.. semoga postingan bisa membantu kalian dalam pembelajaran serta dapat berbicara banyak dalam membantu kalian..  oya jangan lupa bagikan postingan ini ya.. sebagai salahs atau dukungan kalian terhadap saya untuk teteap aktif menulis postingan..

terakhir saya ucapkan terimakasih pada kalian yang sudah berkunjung pada blog saya… dan terlebih yang sudah membaca postingan ini sampai habis.. hehe dan ucapan terimakasih yang sangat special saya ucapkan buat kalian yang sudah share atau membagikan postingan saya yang satu ini atu postingan saya yang lainnya… kurang lebihnya saya mohon maaf ya temen – temen… dan serta mohon di maklumi ya..  karena saya pun juga masih belajar jug.. sekian…

Wassalamalaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment