Cara membuat dan menggunakan Combo Box pada window GUI python menggunakan PySide

Belajarpython - assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen - temen.. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membagikan sebuah postingan yang akan membahas mengenai PySide lagi nih. Udah tau PySide kan ? Ya PySide adalah library dari bahasa pemrograman python yang akan digunakan untuk membangun sebuah GUI dari bahasa pemrograman python itu sendiri. Namun, untuk menggunakan library python yang satu ini, kalian harus menginstallnya terlebih dahulu. Nah jika kalian belum menginstall library PySide ini, kalian bisa menginstalnya dengan cara membaca postingan saya sebelumnya.. Yang membahas mengenai tutorial penginstalan PySide ini.. Dan untuk membacanya kalian bisa KLIK DISINI.

Nah setelah kita menginstall library PySide nya, yuk langsung saja kita lanjutkan postingan ini ... Jadi pada postingan kali ini saya akan membagikan cara untuk membuat sebuah combo box pada window yang akan saya tampilkan nantinya. Oya.. Kalian sudah tau belum apa yang dimaksud dengan combo box ini ? Jadi combo box ini biasanya terdapat di dalam sebuah form dan fungsinya sama seperti pada sebuah toggle box. Yaitu memilih satu pilihan saja. Yuk langsung saja kita simak sama - sama postingan saya kali ini...

Apa yang di maksud dengan Combo Box ?

Nah sebelum saya melanjutkan kedalam proses pembuatan combo box ini, saya akan mencoba untuk menjelaskannya terlebih dahulu ya... Biar kalian tidak bingung nantinya.. Dan nanti saya juga akan memberikan contoh screenshoootnya juga loh.. Yang tentu saja akan mendukung dan memberi tau tentang apa yang dimaksud dengan combo box ini...

Jadi, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, combo box ini biasanya terdapat di dalam sebuah form. Dan fungsinya juga sama dengan toggle box. Yaitu untuk memilih pilihan yang di sediakan dan hanya boleh memilih 1 pilihan saja. Nah untuk lebih menjelaskan dari apa yang sudah saya jelaskan tadi, berikut saya sertakan screenshoot dari combo box ini...


Nah itu dia temen - temen contoh dari combo box ini.. Gimana temen - temen ? Sudah jelas kan ? Ya saya rasa sudah cukup jelas ya... Hehe...

Cara membuat Combo Box pada GUI window python menggunakan library PySide.

Nah setelah kita mengetahui mengenai apa yang dimaksud dengan combo box ini, naka selanjutnya saya akan mencoba untuk membuat  combo box ini pada window GUI python yang menggunakan library PySide. Nah sudah penasaran belum bagaimana cara membuatny ? Yuk langsung saja kita lihat di bawah ini mengenai program yang akan membuat combo box ini.. Yuk silahkan di simak secara seksama...

from PySide import QtGui, QtCore

class MembuatComboBox(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(MembuatComboBox, self).__init__()
        
        self.initUI()
        
    def initUI(self):
        self.combo()

        self.setGeometry(400, 400, 300, 200)
        self.setWindowTitle('QtGui.QComboBox')


    def combo(self):
        combo = QtGui.QComboBox(self)
        combo.addItem("Laki - laki")
        combo.addItem("Perempuan")

        combo.move(90, 95)

if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = MembuatComboBox()
    ex.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen - temen programnya.. Ya menurut saya cukup panjang juga ya.. Namun saya harap program diatas dapat di pahami dengan mudah oleh setiap pembaca yang membaca postingan saya kali ini... Nah lalu seperti apa ya GUI yang akan di hasilkan dari program di atas ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk mari kita lihat sama - sama GUI hasil running dari program mengenai pembuatan combo box di bawah ini...


Nah itu dia temen - temen hasil running dari program diatas... Cukup simple ya.. Hehe.. Karena hanya menampilkan satu buah widget saja.. Yaitu sebuah combo box saja... Tapi saya rasa program di atas cukup berhasill.. Hehe

Penjelasan code program pembuatan combo box pada GUI Window python menggunakan library PySide.

Nah setelah mendapatkan code programnya, maka seperti biasa, saya akan mencoba untuk menjelaskannya temen - temen.. Biar kalian lebih paham dan bisa menggunakannya temen - temen.. Yuk langsung saja kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai program diatas... Langsung saja ya temen - temen...
from PySide import QtGui, QtCore  //code ini digunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class MembuatComboBox(QtGui.QWidget): //ini merupakan sbuah class yang akan digunakan untuk menampung semua elemen yang akan dan code program yang akan kita buat nantinya. Dan class ini saya kasi nama “MembuatComboBox”

    def __init__(self):  //ini merupakan sebuah construktor yang akan di eksekusi pertam kali serta akan dieksekusi secara otomatis ketika class “MembuatComboBox” ini kita panggil nantinya...
        super(MembuatComboBox, self).__init__() //dan code ini digunakan untuk membuat atau menjadikan class “membuatComboBox” ini menjadi sebuah GUI.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama “iniUI”

    def initUI(self):  //ini merupakan sebuah metode yang saya gunakan untuk menampung  setiap code program untuk membuat sebuah window.
        self.combo()  code ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama “combo”

        self.setGeometry(400, 400, 300, 200)  //cod ini digunakan untuk merubah ukuran window kita menjadi “300x200” dan akan ditampilkan pada layar kita denganposisi “400x400”
        self.setWindowTitle('QtGui.QComboBox')  //code ini digunakan untuk mengubah judul window kita. Menjadi “QtGui.ComboBox”. Tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.


    def combo(self):  //cod ini digunakan untuk membuat sebuah metode yang akan digunakan untuk menampung code program untuk membuat sebuah combo box.
        combo = QtGui.QComboBox(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah combo box dari library PySide yang kemudian disimpan kedalam variabel “combo”.
        combo.addItem("Laki - laki")  //code ini digunakan untuk menambahkan pilihan yang ada di combo box. Dengan pilihan “laki - laki”
        combo.addItem("Perempuan")  //code ini digunakan untuk menambahkan pilihan yang ada di combo box. Dengan pilihan “perempuan”

        combo.move(90, 95)  //code ini digunakan untuk memindahkan combo box ini ke posisi (90x95) ke di GUI window.

if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    myApp = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.
    myWidget = MyWidget()  //code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    myWidget.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.
myApp.exec_() //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.


nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai program penambahasan combo box ini. semoga penjelasan saya diatas dapat membuat kalian paham ya.. Dan semoga kalian bisa memanfaatkan program ini.. Seperti harapan saya yang sudah saya katakan sebelumnya...

Contoh pemanfaatan combo box pada GUI window python menggunakan library PySide.

Nah setelah kita membuat combo box nya, masak kita hanya membiarkannya begitu saja tanpa fungsi ? kan aneh ya... Malah akan membuatnya tidak berguna untuk ditampilkan di dalam sebuah window... Oleh karena itu, saya akan mencoba untuk membuat kan contoh aksi atau fungsi yang bisa menjadi sebuah referensi bagi kalian yang sedang belajar... yuk tanpa lama - lama lagi, langsung saja kita simak contoh program yang merupakan pengembangan dari porgram di atas ini... Silihkan di simak...

from PySide import QtGui, QtCore

class MembuatComboBox(QtGui.QWidget):
   
    def __init__(self):
        super(MembuatComboBox, self).__init__()
       
        self.initUI()
       
    def initUI(self):    
        self.label()
        self.combo()
       
        self.setGeometry(400, 400, 300, 200)
        self.setWindowTitle('QtGui.QComboBox')
       
    def label(self):
        self.label1 = QtGui.QLabel("Jenis kelamin : ", self)
        self.label1.move(10, 50)

        self.label2 = QtGui.QLabel("pilih disini -> ", self)
        self.label2.move(10, 100)

        self.label3 = QtGui.QLabel("laki - laki", self)
        self.label3.move(100, 50)
       
    def combo(self):
        combo = QtGui.QComboBox(self)
        combo.addItem("Laki - laki")
        combo.addItem("Perempuan")
   
        combo.move(90, 95)
        combo.activated[str].connect(self.pilihan)

    def pilihan(self, isiTeks):
        self.label3.setText(isiTeks)
        self.label3.adjustSize()

if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = MembuatComboBox()
    ex.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen - temen contoh program yang merupakan pengembangan dari program yang sudah saya kasi sebelumnya.. Di program kali ini saya telah menambahkan beberapa label yang akan membuatnya mirip seperti layaknya sebuah mini form. Nah biar lebih jelas lagi mengenai tampilan yang akan dihasilkan oleh program diatas, yuk langsung saja kita simak atau lihat contoh screenshootnya di bawah ini...



Nah itu dia temen - temen contoh screenshootnya.. Gimana ? Sudah jelaskan penjelasan yang sudah saya sampai kan tadi ? Ya saya rasa memang sudah jelas ya temen - temen.. Hehe

Penjelasan code program ‘Contoh pemanfaatan’ combo box pada GUI window python menggunakan library PySide.

Nah setelah saya memberikan programnya, maka sama seperti diatas.. Saya akan melanjutkannya kepada sesi penjelasan.. Biar kalian bisa memahami program yang saya bagikan dengan mudah dan lebih jelas tentunya.. Baik mengenai fungsi code nya maupun dari segi perintah dari macam - macam code programnya... Dan langsung saja ya temen - temen.. Kita simak sama - sama penjelasan saya mengenai program diatas...
from PySide import QtGui, QtCore  //code ini digunakan untuk mengimpor QtGui dan QtCore dari library PySide.

class MembuatComboBox(QtGui.QWidget): //ini merupakan sbuah class yang akan digunakan untuk menampung semua elemen yang akan dan code program yang akan kita buat nantinya. Dan class ini saya kasi nama “MembuatComboBox”

    def __init__(self):  //ini merupakan sebuah construktor yang akan di eksekusi pertam kali serta akan dieksekusi secara otomatis ketika class “MembuatComboBox” ini kita panggil nantinya...
        super(MembuatComboBox, self).__init__() //dan code ini digunakan untuk membuat atau menjadikan class “membuatComboBox” ini menjadi sebuah GUI.

        self.initUI()  //code ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama “iniUI”

    def initUI(self):  //ini merupakan sebuah metode yang saya gunakan untuk menampung  setiap code program untuk membuat sebuah window.
        self.combo()  code ini digunakan untuk memanggil metode yang bernama “combo”
        self.label()   //code ini digunakan untuk memanggil sebuah metode yang bernama “label”
        self.setGeometry(400, 400, 300, 200)  //cod ini digunakan untuk merubah ukuran window kita menjadi “300x200” dan akan ditampilkan pada layar kita denganposisi “400x400”
        self.setWindowTitle('QtGui.QComboBox')  //code ini digunakan untuk mengubah judul window kita. Menjadi “QtGui.ComboBox”. Tentu saja kalian bisa mengubahnya sesuka hati kalian.

 def label(self):  //code ini merupakan sebuah metode yang akan saya gunakan untuk menampung semua code untuk pembuatan label atau tulisan yang akan saya tampilkan di window kita nantinya.
        self.label1 = QtGui.QLabel("Jenis kelamin : ", self)  //code ini digunakan untuk memanggil label dari library PySide yang kemudian saya kasi teks “jenis kelamin : “. Lalu menyimpannya di dalam variabel “label 1”
        self.label1.move(10, 50)  //code ini digunakan untuk memindahkan label 1 keposisi  10x50 pada window kita.

        self.label2 = QtGui.QLabel("pilih disini -> ", self)  //code ini digunakan untuk memanggil label dari library PySide yang kemudian saya kasi teks “pilih disini ->  “. Lalu menyimpannya di dalam variabel “label 2”
        self.label2.move(10, 100)  //code ini digunakan untuk memindahkan label 2 keposisi  10x100 pada window kita.

        self.label3 = QtGui.QLabel("laki - laki", self)  //code ini digunakan untuk memanggil label dari library PySide yang kemudian saya kasi teks “laki - laki“. Lalu menyimpannya di dalam variabel “label 2”
        self.label3.move(100, 50)  //code ini digunakan untuk memindahkan label 3 keposisi  100x50 pada window kita.

    def combo(self):  //cod ini digunakan untuk membuat sebuah metode yang akan digunakan untuk menampung code program untuk membuat sebuah combo box.
        combo = QtGui.QComboBox(self)  //code ini digunakan untuk memanggil sebuah combo box dari library PySide yang kemudian disimpan kedalam variabel “combo”.
        combo.addItem("Laki - laki")  //code ini digunakan untuk menambahkan pilihan yang ada di combo box. Dengan pilihan “laki - laki”
        combo.addItem("Perempuan")  //code ini digunakan untuk menambahkan pilihan yang ada di combo box. Dengan pilihan “perempuan”

        combo.move(90, 95)  //code ini digunakan untuk memindahkan combo box ini ke posisi (90x95) ke di GUI window.
        combo.activated[str].connect(self.pilihan)  //code ini digunakan untuk menghubungkan setiap perubahan pada combo box ke pada metode yang bernama “pilihan”

    def pilihan(self, isiTeks):  //ini merupakan sebuah metode yang bernama “pilihan” dan akan saya gunakan untuk menampung perintah dari combox di atas.
        self.label3.setText(isiTeks)  //code ini digunakan untuk mengubah nilai yang ada pada label 3.
        self.label3.adjustSize()  //code ini digunakan untuk menyesuaikan lebar teks yang ada pada window. Untuk mengetahuinya lebih jelas, silahkan hapus code ini lalu jalankan. Dan bandingkan hasilnya.

if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    myApp = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.
    myWidget = MyWidget()  //code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    myWidget.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.\
    myApp.exec_() //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.


Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai program yang telah saya bagikan diatas.. Yaitu sebuah program yang membahas contoh combo box sekaligus contoh penggunaannya.. Semoga penjelasan saya ini dapat membuat anda jelas dan paham mengenai program yang sudah saya bagikan pada postingan kali ini...

Dan jika ada penjelasan yang kurang jelas, atau ada yang kurang di pahami, kalian bisa langsung menanyakannya pada kolom komentar yang ada di bawah postingan kali ini. Insyaallah saya akan menjawab secepat yang saya bisa.. Dan saya akan menjawab sejelas mungkin.. Hehe

Oya.. Jangan lupa share postingan saya yang satu ini ya... Terutama jika kalian merasa postingan ini bisa membantu kalian dalam belajar. Oya mohon maaf ya jika ada penjelasan yang kurang jelas, serta terdapat kekurangan  dari blog ini yang memang sudah saya sadari.. Dan terimakasi juga sudah berkunjung dan membaca postingan saya... Dan ucapan terimakasih yang paling spesial saya uncapkan kepada kalian yang telah membagikan postingan ini...
Sekian...

Wassalamualaikum wr. wb.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment