Cara membuat dan memanfaatkan Check Box pada window GUI python menggunakan PySide

Belajarpython – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih temen – temen.. pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai tutorial GUI python lagi nih.. dan menggunakan library PySide tentunya. Sudah tau kana pa itu PySide ? lalu kalian sudah install apa belum ? nah jika belum tau dan belum menginstallnya, tenang saja, Karena saya sudah membuat postingan yang membahas mengenai apa itu PySide dan lengkap  beserta instalasi Python dan beserta library PySide nya. Nah jika kalian tertarik untuk membacanya, kalian bisa mencari postingan tersebut di blog saya. Atau untuk lebih mudahnya kalian bisa KLIK DISINI.

Nah, setelah kalian tau dan telah menginstall Python beserta PySide nya, maka sekarang saya akan melanjutkan postingan ini. Jadi, pada postingan kali ini saya akan mencoba untuk membuat window sederhana dan akan di lanjutkan dengan proses pembuatan sebuah check box. Sudah taukan apa yang di maksud dengan check box ? jadi, check box bisa kita katakana seperti sebuah tombol yang bisa kita centang dan tidak. Yuk tanpa lama – lama lagi, yuk langsung saja kita simak sama – sam pembahasan saya mengenai check box ini..

Apa yang dimaksud dengan check Box ?

Nah sebelum saya melanjutkan postingan ini ke dalam proses pembuatannya, saya akan terlebih dahulu  akan menjelaskan dan memberi tau mengenai apa yang di maksud dengan Check Box. Ya takut saja kalian ada yang belum tau apa itu check box. Jadi biar tidak bingung, saya akan mencoba untuk menjelaskan dan tentu saja akan memberikan contoh screenshoot mengenai apa yang di maksud dengan check box ini…

Jadi check box ini biasanya terdapat pada sebuah form atau formulir… dan pada sebuah form, chec Box ini biasanya berfungsi untuk memilih sebuah pilihan yang memungkin kan user untuk memilih lebih dari satu pilihan saja. Nah pada prinsipnya, bisa kita katakan jika check box ini memiliki dua nilai. Yaitu False dan True. Dan biasanya jika di centang akan bernilai True, dan jika tidak dicentang akan bernilai False.

Nah untuk lebih memudahkan pemahaman kalian, yuk kita simak sama – sama contoh screenshoot dari check box di bawah ini…


Nah itu dia contoh screenshoot dari check box ini.. screenshoot tersebut saya ambil dari aplikasi microsoft word.. dan gimana temen – temen ? sudah jelaskan ? ya saya sudah jelas ya… di screenshoot tersebut bisa kita lihat di sebelah kiri tulisan, ada sebuah kotak kecil yang bisa kita centang dan tidak dicentang. Yang artinya jika dicentang artinya iya atau True dan sebaliknya.. jika tidak di centang maka artinya tidak atau False.

Cara membuat Check box pada GUI Window python yang menggunakan library PySide

Nah, setelah kita mencari tau mengenai apa yang di maksud dengan check box, serta sudah melihat contoh nya, maka sekarang saya akan melanjutkannya ke cara untuk membuatnya… nah tentu kalian sudah bertanya – tanya kan gimana cara untuk membuatnya… jadi tanpa lama - lama lagi, yuk langusung saja kita simak code program untuk membuat check box di bawah ini...
from PySide import QtGui, QtCore

class CheckBox(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(CheckBox, self).__init__()
        
        self.initUI()
        
    def initUI(self):  
        cb = QtGui.QCheckBox('Tampilkan judul', self)
        cb.stateChanged.connect(self.ubahJudul)
        
        self.setGeometry(300, 300, 250, 150)
        self.setWindowTitle('QtGui.QCheckBox')

    def ubahJudul(self, status):
      
        if status == QtCore.Qt.Checked:
            self.setWindowTitle('Check box')
        else:
            self.setWindowTitle('')


if __name__ == '__main__':
    import sys
    app = QtGui.QApplication(sys.argv)
    ex = CheckBox()
ex.show()
    sys.exit(app.exec_())



Nah itu dia temen - temen code programnya... Cukup singkat ya... Oya.. Perlu kalian ketahui, saya menggunakan chek box sebagai tanda untuk memilih apakah ingin menampilkan judul window atau tidak. Jika kita ingin menampilkan window, kita harus mencentang check box nya.. Apabila tidak ingin menampilkan judul, maka hapus centang pada check box nya... Tentu saja kalian bisa merubah fungsinya sesuai dengan kemauan dan kebutuhan kalian... Oya.. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak sama - sama contoh screenshootnya di bawah ini...



Nah gimana ? Dari contoh screenshoot diatas, sudah jelaskan mengenai cara kerja dari check box ini ? Ya saya rasa sudah jelas ya... Karena pada screenshoot sudah sangat jelas perbedaannya. Dan juga sudah menjelaskan bagaimana check box ini bekerja.

Penjelasan code program pembuat chek box pada GUI python menggunakan library PySide.

Setelah saya memberikan code program mengenai cara menambahkan dan memfungsikan check box ini, maka selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan code program nya. Dengan tujuan dan harapan agar kalian bisa memahami code program yang saya bagikan dan tentu saja dapat memanfaatkan nya dengan memberikan perintah sesuai kebutuhan serta sesuka hati kalian. Nah tanpa lama - lama lagi, yuk langsung saja kita simak penjelasan saya di bwah ini...

from PySide import QtGui, QtCore  //code ini digunakan untuk mengimpor  QtGui dan QtCore dari librari PySide.

class CheckBox(QtGui.QWidget): //code ini digunakan untuk membuat sebuah class dengan nama checkBox. Dan akan saya gunakan untuk menampung semua elemen yang akan saya tampilkan nantinya.

    def __init__(self):  //ini merupakan sebuah construktor yang akan otomatis di panggil atau di jalankan ketika kita memanggil class check box ini.
        super(CheckBox, self).__init__()  //code ini berguna untuk membuat class checbox menjadi sebuah GUI.

        self.initUI()   //code ini berfungsi untuk memanggil metode yang bernama initUI

    def initUI(self):  //ini merupakan sebuah metode yang akan menampung elemen atau code program yang akan kita tampilkan nanti.
        cb = QtGui.QCheckBox('Show title', self)  ini digunakan untuk memanggil sebuah check box dari library PySide lalu menampungnya di dalam variabel cb.
        cb.stateChanged.connect(self.ubahJudul)  //code ini digunakan untuk menghubungkan check box yang sudah kita panggil tadi  dengan metode yang bernama ubah judul

        self.setGeometry(300, 300, 250, 150)  //code ini digunakan untuk mengatur ukuran window kita menjadi 250x150.
        self.setWindowTitle('QtGui.QCheckBox')  //code ini digunakan untuk mengubah judul menjadi QtGui.QCheckBox.

    def ubahJudul(self, status):  //ini digunakan untuk membuat sebuah fungsi yang akan saya guanakan untuk menampung perintah dari check box nya...

        if status == QtCore.Qt.Checked:  //code ini digunakan untuk mengecek apakah check box di centang atau tidak.
            self.setWindowTitle('Check box')  //code in digunakan untuk mengubah judul menjadi check box
        else:  //code ini akan dijalankan ketika kondisi pengecekan pengecekan check box di atas tidak terpenuhi.
            self.setWindowTitle('')   //code in digunakan untuk mengubah judul menjadi check box


if __name__ == '__main__':  //ini merupakan penyeleksian yang akan menanyakan apakah program ini dipanggil atau tidak.
    import sys  //code ini digunakann untuk mengimpor sys
    myApp = QApplication(sys.argv) //code ini merupakan code wajib yang harus ada.
    myWidget = MyWidget()  //code ini digunakan untuk memanggil class mywidget yang sudah kita buat tadi.
    myWidget.show() //code ini digunakan untuk menampilkan GUI Window yang sudah kita buat tadi.

    myApp.exec_() //code ini digunakan agar window kita tidak langsung close saat kita panggil.

Nah itu dia temen - temen penjelasan saya mengenai code program yan gtelah saya bagikan sebelumnya... Semoga bisa membuat kalian paham ya... Karena saya telah mencoba untuk menjelaskannya sedetail yang saya bisa.. Jadi kalian juga harus melakukan hal yang sama dong.. Yaitu memahami code programnya semampu kalian.. Hehe.. Tapi, jika kalian benar - benar sudah nyerah dan tidak mampu memahaminya, atau ada penjelasan yang kurang jelas, silahkan di tanyakan pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini ya.. Insyaallah saya akan menjawab nya secepat yang saya bisa...

Lalu jika kalian memiliki masukan maupun kritikan mengenai blog ini, kalian bisa mengirimnya melalui kontak form yang ada di footer blog ini. Atau lebih tepatnya berada di halaman paling bawah blog ini. Karena saya tau jika blog ini penuh dengan kekurangan .. Oleh karenanya, kritik dan saran anda sangat bernila bagi kemajuan blog saya dan saya sendiri...
Oya, jika kalian menyukai blog ini atau postingan ini, silahkan kalian share ya... Kalian bisa share ke facebook atau sosial media yang lainnya... Hal tersebut akan menjadi dorongan bagi saya pribadi untuk tetap semangat dalam menulis postingan.. Karen mendapat respon yang baik dari para pembaca...

Dan terimakasi sudah membaca serta atas kunjungan kalian pada blog saya... Mohon maaf ya atas kekurangan dan kekurangan informasi yang saya sajikan di blog ini.. Karena maklum saya masih belajar temen - temen.. Hehe.. Dan terimakasi yang sebesar - besarnya bagi kalian yang sudah share blog atau postingan saya...

Sekian

Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment