Cara membuat Button atau tombol pada GUI python PySide

Mvapdg – assalamualaikum wr. wb.

Jumpa lagi nih teman – teman... pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tutorial untuk membangun sebuah GUI dari PySide python ini.. jadi sebenarnya dan sejujurnya, (hehe) postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya.. jika kalian tertarik untuk membaca postingan saya sebelumnya, kalian bisa MEMBACANYA DISINI. Jadi, kalian bisa memulainya dari awal tentunya..  karena dengan belajar dari awal tentunya akan membuat pemahaman kalian lebih mendalam, dan mudah untuk mempelajari kelanjutannya...

Seperti yang sudah saya katakan  diatas, postingan ini akan saya buat sebagai kelanjutan dari postingan sebelumnya. Dan kelanjutan ini saya akan membahas tentang cara menambahkan button atau tombol kedalam jendela atau window kita nantinya. Dan perlu kita ketahui, program yang akan saya bagikan ini, akan sedikit berbeda dari postingan saya yang sebelumnya.. apa perbedaannya ? untuk menjawabnya, langsung saja yuk kita simak penjelasan dan pembagian code programnya di bawah ini..

Membuat Button dalam window/jendela GUI PySide python.

Nah setelah kita membuat window dari PySide pada postingan sebelumnya, sekarang saatnya kita untuk menambahkan Button pada window atau jendela kita. Ya biar tidak kosong dan tidak polosan tentunya.. hehe.. nah sebelumnya saya tanya dulu ini.. sudah taukah kalian apa itu button? Nah, Button itu biasa disebut dan dikatakan sebagai tombol. Sebenarnya saya sudah yakin, jika kalian tau mengenai apa itu button. Namun, saya kasi penjelasan sebagai antisipasi saja jika ada yang belum mengetahui nya..

Nah perlu kalian ketahui.. seperti yang sudah saya katakan sebelumya, pada source code yang satu ini, code nya akan saya buat menjadi suatu class yang berisi beberapa metode atau fungsi. Hal ini saya lakukan agar program ini lebih terstruktur dan tentu agar lebih mudah dipahami nantinya.

Namun, bagi kalian yang baru melihat nya atau fungsi merupakan hal yang baru, maka akan membuat kalian membutuh kan pemahaman yang ekstra untuk memahaminya.. namun, jika kalian paham pasti kalian akan merasa lebih mudah untuk menggunakan sebuah class dari pada membuat program yang hanya datar – datar saja seperti postingan saya yang sebelumnya..
Langsung saja yuk kita lihat source code nya dibawah ini...


import sys
from PySide import QtGui

class menampilkan_tombol(QtGui.QWidget):
    
    def __init__(self):
        super(menampilkan_tombol, self).__init__()
        self.jendela()

        
    def jendela(self):
        self.button()
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.setWindowTitle('contoh tombol')    
        self.show()

    def button(self) :
        tombol = QtGui.QPushButton('Button', self)
        tombol.setToolTip('inilah Tombolnya')
        tombol.move(80, 60) 
        
app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = menampilkan_tombol()
sys.exit(app.exec_())



nah itu dia program dengan menggunakan class ini... semoga kalian bisa memahami program di atas ya teman.. saya sudah mengupayakan program tersebut se komunikatif mungkin.. agar kalian mampu memahaminya dengan cepat dan mudah.. nah berikut ini saya akan menyertakan screenshoot dari hasil program ini ketika saya jalankan.. kalian bisa lihat screenshootnya pada gambar di bawah ini ya....



nah seperti itulah saat saya jalankan programnya... kalian juga bisa mencobanya untuk kalian jalankan... silahkan salin program di atas lalu paste di IDLE python kalian.. atau bisa juga di teks editor lainnya seperti notepad atau sublime. Tapi ingat kalian harus menyimpannya dalam file ber ekstensi .py ya... yang artinya kita menyimpan file kita dalam file python. Selamat mencoba dan semoga sukses ya teman – teman.. nah untuk selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan program yang telah saya bagikan di atas ya.. biar kalian lekas paham dan bisa membuat kalian lebih paham tentunya.. yuk langsung sajabkita simak penjelasan saya di bawah ini ya...


import sys //ini digunakan untuk mengimport sys
from PySide import QtGui //ini digunakan untuk mengimport QtGui yang berasal dari PySide.

class menampilkan_tombol(QtGui.QWidget): //ini merupakan class yang saya buat untuk membuat window dan tombolnya. Dan saya memberi nama class nya dengan naman “menampilkan_tombol”.

    def __init__(self): //nah ini merupakan metode yang akan di panggil secara otomatis ketika class “menampilkan_tombol” kita panggil nantinya...
        super(menampilkan_tombol, self).__init__() //ini merupakan isi dari fungsi “__init__” yang berfungsi untuk membuat class “menampilkan_tombol” menjadi sebuah GUI.
        self.jendela() //nah ini juga isi dari fungsi “__init__” yang berfungsi untuk memanggil fungsi lain yaitu fungsi “jendela” yang terletak di bawah ini.

    def jendela(self): //nah ini merupakan fungsi yang saya buat untu membuat sebuah jendela nantinya.
        self.button() //nah ini digunakan untuk memanggil fungsi yang membuat tombol. Fungsi “button” ini berada di bawah fungsi “jendela” ini.
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg')) //nah ini saya gunakan untuk mengubah ikon jendela kita yang akan di tampilkan di samping title atau judul jendelanya. Nah kalian bisa mengganti tulisan yang berwarna merah tersebut menjadi lokasi gambar yang akan kalian gunakan. Dan harus ber ekstensi JPG.
        self.setWindowTitle('contoh tombol') //nah ini digunakan untuk mengubah judul atau title jendela kita nantinya. Kalian bisa mengubah teks yang berwarna merah tersebut dengan judul yang kalian inginkan.
        self.show() //perintah ini saya gunakan untuk menampilkan jendela yang sudah kita buat tadi. Maksudnya jendela tersebut akan ditampilkan saat program ini kita eksekusi atau kita jalankan.

    def button(self) : //fungsi “button” ini saya gunakan untuk memebuat tombol.
        tombol = QtGui.QPushButton('Tombol', self)
        tombol.setToolTip('inilah Tombolnya') //perintah ini saya gunakan agar saat pointer menyentuh tombol ini, maka akan terdapat tulisan “inilah tombolnya”. Kalian juga bisa mengubah teks yang akan tampil ini.
        tombol.move(80, 60) //ini saya gunakan untuk memindahkankan atau mengatur posisi yang tombol pada window atau jendela nya.

app = QtGui.QApplication(sys.argv) //ini merupakan code yang wajib ada
ex = menampilkan_tombol() //ini diggunakan untuk memanggil class “menapilkan_tombol”.

sys.exit(app.exec_()) //sama seperti yang di atas, ini juga harus ada.


Nah itu dia teman – teman penjelasan saya mengenai program untuk menambahkan button pada window atau jendela yang sudah saya kasi sebelumnya.. semoga kalian bisa memahami apa yang sudah saya jelaskan ya... dan selamat mencoba...

Program untuk memberikan perintah pada Tombol GUI PySide python.

Sebuah tombol dalam aplikasi, umumnya mengandung sebuah perintah. Akan sangat lucu kan jika ada sebuah tombol tapi malah tidak ada perintah nya.. nah oleh sebab itu, setelah kita membuat button, maka selanjutnnya saya akan membuat tombol tersebut agar saat kita klik akan  ada sebuah tindakan yang akan dikerjakan oleh mini aplikasi yang akan kita buat nantinya. Lalu, bagaimana sih cara nya untuk membuat agar tombol kita terdapat sebuah perintah ? nah untuk menjawabnya, kalian bisa langsung menyimak bahasan saya di bawah ini ya...

Nah untuk dijadikan sebagai permulaan, saya akan membuat tombol exit. Yang tentu saja dapat kita gunakan untuk keluar dari window kita ini. atau bisa juga kita katakan untuk mengakhiri proses running program kita. Nah untuk membuat tombol exit ini, caranya cukup mudah.. kita hanya perlu menambahkan 2 baris code program saja... yaitu yang pertama, saya mengimport QtCore dari PySide, lalu saya menambahkan perintah “tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit)” pada fungsi atau metode “button”. untuk  jelasnya, yuk langsung saja kita lihat programnya dibawah ini ya...


import sys
from PySide import QtGui, QtCore

class menampilkan_tombol(QtGui.QWidget):
   
    def __init__(self):
        super(menampilkan_tombol, self).__init__()
        self.jendela()
       
    def jendela(self):
        self.button()
        self.setWindowIcon(QtGui.QIcon('D:\moham.jpg'))
        self.show()

    def button(self) :
        tombol = QtGui.QPushButton('exit', self)
        tombol.setToolTip('inilah tombolnya')
        tombol.move(80, 60)
        tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit)

   
app = QtGui.QApplication(sys.argv)
ex = menampilkan_tombol()
sys.exit(app.exec_())



nah itu dia programnya.. sudah taukah apa perbedaannya dengan program yang ada di atas ? jika belum tau, silahkan bandingkan sendiri ya.. karena menurut saya sudah cukup jelas. nah perlu kalian ketahui, disini saya mengubah nama tombolnya menjadi “quit” sesuai dengan fungsinya. Nah untuk melihat hasil code program tersebut saat dijalankan, kalian bisa melihat screenshootnya di bawah ini ya teman – teman...



Nah itu dia hasil eksekusi dari program diatas. Dan untuk selanjutnya saya akan mencoba untuk menjelaskan apa saja yang saya tambahkan pada program sebelumnya yang membuat tombolnya menjadi berfungsi untuk menutup aplikasi nya. Yuk langsung saja kita simak tambahan perintahnya di bawah ini ya...

Yang pertama, saya mengubah code program pada baris kedua pada program.. untuk lebih jelasnya kalian bisa langsung membandingkannya di bawah ini...

Code sebelum nya :
from PySide import QtGui
Code setelah saya tambahin :
from PySide import QtGui, QtCore

nah bisa kita lihat kan perbedaannya ? ya.. saya menambahkan “, QtCore” dengan koma sebagai pemisahnya.. “QtCore” ini saya import juga dari PySide. Dan akan saya gunakan untuk membuat action atau perintah nantinya. Nah penabahan code program yang kedua sudah saya katakan diatas sebelumnya.. yaitu code :

tombol.clicked.connect(QtCore.QCoreApplication.instance().quit) //code ini saya tambahkan pada fungsi atau metode “button”. Yang fungsinya tentu saja untuk mengakhiri atau menutup window atau jendela kita

Nah itu dia teman – teman bahasan saya pada postingan kali ini.. yang merupakan lanjutan dari postingan saya sebelum nya.. sekali lagi, jika kalian ingin membaca postingan saya sebelumnya, kalian bisa KLIK DISINI. Yang merupakan cara atau tutorial untuk membuat window dan mengubah judul serta icon nya...

Sekian dulu ya teman – teman .. semoga penjelasan saya diatas, dapat kalian pahami dengan mudah.. namun jika kalian belum paham, kalian bisa membacarnya berulang – ulang agar bisa paham... karena saya sudah mencoba untuk menjelaskannya se detail mungkin. Namun jika ada yang kurang jelas, atau ada yang ingin kalian tanyakan, kalian bisa menanyakannya melalui kolom komentar di bawah ini ya...atau bisa melalu laman contact us di halaman ini. bila saya bisa, insyaallah saya akan langsung menjawabnya secepat yang saya bisa. Oya.. jangan lupa di bagikan ke teman – teman sosial media kalian ya.. siapa tau bisa bermanfaat bagi mereka... terimakasih sudah berkunjung.. dan terimakasih juga sudah membaca postingan ini.. semoga bermanfaat... kurang lebih nya saya mohon maaf dan mohon di maklumi.. karena saya masih belajar juga.. hehe dan sampai jumpa di postingan saya selanjut  nya ya . . . .  : )



Wassalamualaikum wr. wb.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment